Ketua Komunitas Adat Kinipan, Effendi Buhing Diamankan Polres Lamandau

Ketua Komunitas Adat Kinipan, Effendi Buhing Diamankan Polres Lamandau

Palangkanews.co.id | Permasalahan Perkebunan Kelapa Sawit di Kalimantan Tengah berbagai corak ragam menghadapi kehidupan masyarakat lokal dimana perusahaan tersebut akan beroperasi bisnis perkebunan. Banyak hal yang di hadapi Perusahaan kebun kelapa sawit diantara nya tentang hak tanah ulayat adat, pembagian plasma kebun kelapa sawit dan lainnya, munculnya ketidak puasan masyarakat maka terjadi demo protes sampai menutup akses jalan prusahaan dan sebagainya.

Mengenai penjelasan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Komisaris Besar Hendra Rochmawan. S.I.K.,M.Hum mengatakan, penangkapan terhadap Effendi Buhing itu lantaran berawal dari adanya tiga laporan yang masuk dari PT Sawit Mandiri Lestari, dan sesuai prosedur di Kepolisian, ada laporan masyarakat, baik itu lembaga, instansi, kelompok sampai perorangan amankan dulu baru di proses di Lidik bagian khusus di Kepolisian .

“Pada prinsipnya Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah profesional dalam menanggapi laporan tersebut, dengan bukti permulaan yang cukup sehingga perlu dilaksanakan penangkapan,” ujar Hendra saat dihubungi pada Rabu, 26 Agustus 2020.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan, Effendi bisa memberikan penjelasan atau jawaban atas laporan PT SML tersebut dalam pemeriksaan.

“Prinsipnya semua pihak mempunyai hak yang sama dimuka hukum. Nanti dari penangkapan ini tentu ada pemeriksaan dan penyidikan ini dapat memberikan ruang jawab atas laporan tersebut,” kata Hendra.

Pewarta : Tim Red.
Sumber. : kompas.com/ Vidio FB
Ed/Ad. : Syaiful

admin

admin