Ketua DPRD Kalteng Wiyatno Pimpin Rapat Paripurna ke 10 penutupan Masa Persidangan II

Ketua DPRD Kalteng Wiyatno Pimpin Rapat Paripurna ke 10 penutupan Masa Persidangan II

Palangkanews.co.id || Ketua DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Wiyatno menutup secara resmi masa persidangan saya sekaligus membuka masa persidangan II tahun sidang 2021, pada Rapat Paripurna ke 1 yang dilangsungkan secara virtual di ruang rapat gabungan, Senin (17/5/2021) pagi. Dalam krisisnya, Wiyanto menyampaikan selama masa persidangan I DPRD bersama lembaga mitra telah melaksanakan sejumlah agenda penting, di antaranya penyampaian Pokok Pikiran (Pokir) pada risalah kerja pembangunan daerah Tahun Anggaran (TA) 2022, yang disampaikan melalui masukan sistem informasi pemerintah daerah maupun dalam forum musyawarah pembangunan daerah tahun 2021.

“Dalam masa persidangan I tahun sidang 2021, harus kita akui banyak yang harus dekat, seperti pandemi Covid-19 sehingga sampai saat ini kita belum bisa melaksanakan aktivitas dengan leluasa, baik di lingkup DPRD, mitra kerja dan masyarakat. Kendati demikian dengan adanya kerja sama yang baik dan pemanfaatan informasi, kita bisa melaksanakan tugas atau fungsi dengan tanggung jawab, seperti penyampaian pokir dalam risalah kerja pembangunan daerah, ”ucapnya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V termasuk Kabupaten dan Pulang Pisau (Pulpis) ini juga berbicara, agenda penting lainnya yang telah dilaksanakan dalam masa persidangan I tahun sidang 2021 adalah pelaksanaan reses atau Kunjungan Kerja (Kunker), baik yang dilaksanakan secara perorangan maupun kelompok.

“DPRD juga melaksanakan pelaksanaan reses ke Daerah Pemilihan (Dapil) serta melaksanakan kunjungan kerja keluar daerah. Kemudian pesanan persiapan pembahasan masyarakat adat Dayak dalam rangka optimalisasi pembahasan dan pembangunan Provinsi Kotawaringin Raya dan tim pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pengakuan dan perlindungan masyarakat adat Dayak dalam rangka optimalisasi pembahasan dan pembangunan, ”ujarnya.

Selain itu, sambung Wiyatno, sejumlah pembahasan yang nantinya menjadi prioritas dalam masa persidangan II tahun sidang 2021 diantaranya penuntasan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur TA 2020, pembahasan usulan DOB Provinsi Kotawaringin Raya dan pembahasan Peraturan Daerah (Perda) yang telah masuk dalam daftar program legislasi daerah.

“Telah dibentuk tim di lingkungan DPRD guna memperlancar kinerja pelaksanaannya, sehingga program legislasi dapat berjalan sesuai rencana. Dengan ini, saya atas nama Ketua DPRD menutup secara resmi masa persidangan I tahun sidang 2021 sekaligus membuka masa persidangan II tahun sidang 2021,” pungkasnya.

Pewarta : Harus Maulana
Sumber : Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Redaksi Palangka News