Kepala Kemenag Kota Buka Kegiatan KUB

Kepala Kemenag Kota Buka Kegiatan KUB

Palangkanews.co.id /// Kota Palangka Raya (Humas) – Dalam rangka menggenjot program pengarusutamaan moderasi beragama. Kementerian Agama Kota Palangka Raya melalui Sekretaris Jenderal laksanakan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama kepada masyarakat tahun 2022.

Kepala Kemenag Buka Kegiatan KUB

Kegiatan yang digelar di KUA Kecamatan Rakumpit tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kemenag, H. Nur Widiantoro. Rabu (25/05/22)

Membuka sambutan, Kepala Kemenag Kota Palangka Raya, mengungkapkan dirinya baru saja melaksanakan kegiatan moderasi beragama, yaitu mengawal Kontingen Umat Buddha Kota Palangka Raya pada kegiatan Waisak yang dihadiri Wapres Ma`ruf Amin dan 5 Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, termasuk Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Kegiatan FKUB yang dilaksanakan pada hari ini adalah sesuatu yang selalu digaungkan oleh pemerintah. Karena kerukunan dan harmonis adalah dua kata yang menjadi keniscayaan yang bagi bangsa Indonesia yang memiliki beragam agama, suku dan bahasa.

“Dalam moderasi beragama, kita harus berada di tengah. Tidak condong ke kiri atau condong ke kanan. Sehingga akan muncullah yang disebut kerukunan umat beragama,” ucap Kepala Kemenag Kota.

Kementerian Agama sebagai salah satu lembaga yang mengayomi semua agama dan kepercayaan yang diakui di Indonesia.

Secara ril, selaku Kepala Kemenag saya bekerjasama dengan pihak berwajib dan organisasi masyarakat dan organisasi agama melaksanakan tindakan pertemuan tentang adanya sekumpulan jamaah yang ditenggarai menjalankan praktik agama yang diindikasikan ada penyimpangan dan penipuan. Hal ini diungkapkan Kepala Kemenag dihadapan peserta pembinaan kerukunan beragama kepada masyarakat.

“Bukti adanya toleransi dan kerukunan antar sesama agama di Indonesia juga sangat terasa pada saat penentuan 1 Syawal 1443 H, kemarin. Dari dua kubu organisasi besar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah dan NU sepakat pada keputusan pemerintah selaku Ulil Amri dalam penetapan 1 Syawal 1443 H,” tandas H. Nur Widiantoro.

Mengambil tema Meningkatkan Masyarakat Kota Palangka Raya Yang Rukun, Damai, dan Harmonis Menuju Kalimantan Tengah Berkah, Kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama kepada masyarakat tahun 2022, bertujuan untuk:

  1. Mewujudkan masyarakat Indonesia khususnya Kita Palangka Raya yang aman, damai, maju, sejahtera dan bersatu;
  2. meningkatkan masyarakat kota Palangka Raya agar rukun, damai dan harmonis;
  3. Menyusun program kerja FKUB pada tahun 2022 bagi peningkatan pelayanan keagamaan terhadap masyarakat kota Palangka Raya.

Diikuti oleh peserta dari perwakilan 5 agama yang berjumlah total 30 orang. Dengan menghadirkan pemateri dari wakil dewan pembina FKUB Kota Palangka Raya, Ketua FKUB dan Kadis Kesbangpol Kota Palangka Raya.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia pembinaan kerukunan, Noor Hidayah saat menyampaikan laporan.

“Adapun biaya yang dikeluarkan akibat adanya kegiatan ini sepenuhnya berasal dari DIPA Kankemenag kota Palangka Raya TA. 2022, Nomor: DIPA-025.01.2.418776/2021, tanggal 17 November 2021,” ucap Dayah akrab disapa.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Balai Nikah dan KUA Kecamatan Rakumpit. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Kemenag Kota, pemateri, panitia dan peserta serta Kepala KUA Kecamatan Rakumpit Hadimahmudi beserta staf.

Pewarta : EAR/ Red

Redaksi Palangkanews

Redaksi Palangkanews