Kepala Dislutkan Bahas Fasilitasi Subsidi Biaya Sarana Produksi Perikanan Bersama PT. Bank Kalteng

Kepala Dislutkan Bahas Fasilitasi Subsidi Biaya Sarana Produksi Perikanan Bersama PT. Bank Kalteng

Palangkanews co id // Pemprovkalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng H. Darliansjah mengunjungi kantor pusat PT. Bank Kalteng Palangka Raya, Rabu (21/2/2024). Kedatangan Darliansjah disambut baik oleh Plt. Direktur Utama (Dirut) PT. Bank Kalteng Marzuki di Ruang Rapat Direksi Lantai 2 Kantor Pusat PT. Bank Kalteng Palangka Raya.

Pada kesempatan ini, Darliansjah menyampaikan bahwa kunjungannya bersama rombongan dalam rangka sinergisitas program dan koordinasi kegiatan kerja sama penyediaan layanan perbankan untuk fasilitasi subsidi biaya sarana produksi bagi pelaku usaha perikanan Kalimantan Tengah berupa subsidi BBM, pakan, dan benih ikan.

“Kunjungan ini sangat penting bagi kedua belah pihak untuk dapat menyamakan konsep pelaksanaan kegiatan penyaluran bantuan subsidi biaya sarana produksi bagi pelaku usaha perikanan Kalimantan Tengah, sehingga pelaku usaha perikanan Kalimantan Tengah sebanyak 26.181 pelaku usaha dapat terfasilitasi dengan baik dan mendapatkan subsidi biaya sarana produksi tepat sasaran,” jelas Darliansjah.

Selanjutnya, Darliansjah mengungkapkan bahwa kegiatan fasilitasi subsidi biaya sarana produksi bagi pelaku usaha perikanan Kalimantan Tengah berupa subsidi BBM, pakan, dan benih ikan merupakan salah satu program Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dalam membantu pelaku usaha perikanan Kalteng untuk meningkatkan produksinya. Menurutnya, program ini merupakan program lanjutan dari Asuransi Pelaku Usaha Perikanan (Kusuka) BERKAH yang telah dibagikan oleh Gubernur Kalteng tahun 2023 lalu.

“Program ini dilatarbelakangi adanya kendala kegiatan perikanan oleh karena sulitnya memperoleh bahan bakar minyak, pakan ikan dan benih ikan, sehingga diberikanlah subsidi dari Pemprov Kalteng untuk membantu mengatasi kesulitan ini,” ujar Darliansjah.

Dijelaskan pula, adanya kolaborasi antara Pemprov Kalteng dengan PT. Bank Kalteng sangat diperlukan sebagai upaya dalam mendukung pelaksanaan program-program pemerintah agar dapat terlaksana dengan baik.

Menanggapi penjelasan yang disampaikan Kepala Dislutkan, Plt. Dirut PT. Bank Kalteng Marzuki menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung kegiatan Pemprov Kalteng. Marzuki berharap bahwa dengan adanya kolaborasi yang dilakukan dapat mempromosikan dan menyosialisasikan produk-produk yang dimiliki PT. Bank Kalteng kepada pelaku usaha perikanan Kalimantan Tengah.

“Salah satu produk bantuan permodalan yang dapat digunakan oleh pelaku usaha perikanan adalah Kredit Betang BERKAH yang digagas oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang diberikan untuk pelaku usaha perorangan dengan plafon sampai dengan sepuluh juta rupiah, selain itu juga ada Kredit UMKM BERKAH yang diberikan kepada kelompok usaha dengan anggota minimal lima pelaku usaha dengan plafon bantuan dana sampai dengan 15 juta per orang tanpa agunan dengan bunga hanya 1,5% per tahun,” terang Marzuki.

Di akhir pertemuan, kedua belah pihak sepakat untuk segera menindaklanjuti kerja sama kegiatan fasilitasi subsidi biaya sarana produksi bagi pelaku usaha perikanan Kalimantan Tengah (BBM, pakan, dan benih ikan) dan akan segera melakukan persiapan pelaksanaan kegiatan.

“Kami berharap semoga kerja sama ini dapat semakin sinergis dalam rangka meningkatkan produksi perikanan dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan Kalimantan Tengah,” tutup Darliansjah.

Publikasi.  : Titin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News