Kemenkumham Kalteng raih penghargaan dari Ditjen Perbendaharaan

Kemenkumham Kalteng raih penghargaan dari Ditjen Perbendaharaan

matamedia.// Pekerjaan yang baik pasti mendapat pujian dan hasil memuaskan contoh nya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Tengah meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Tengah.

“Ini menunjukkan bahwa Kanwil Kemenkumham Kalteng telah berhasil mengelola keuangan dengan sangat baik,” kata Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya di Palangka Raya, Rabu.

Dia menerangkan, penghargaan yang diterima itu terkait kinerja penyusunan laporan keuangan unit akuntansi pembantu pengguna anggaran wilayah mitra kerja.

“Dalam hal ini, kami mendapat peringkat dua kategori sinergi dan kontribusi dalam pengiriman laporan keuangan, Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) Tahun 2020,” kata Ilham.

Dia pun mengapresiasi kinerja pegawai di jajaran Kemenkumham Kalteng, terutama dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pada tahun anggaran itu.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia kepada Kemenkumham Kalteng, atas kerja sama, kerja keras, semangat dan kolaborasi dalam penyusunan laporan keuangan,” katanya.

Ia pun berharap, perolehan penghargaan itu menjadi pencetus semangat dalam meningkatkan penyusunan laporan keuangan tahunan. Sehingga, lanjut dia, prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan, atau minimal dipertahankan pada tahun mendatang.

“Mempertahankan lebih susah dari memperolehnya. Namun dengan ini saya harap semua jajaran terus mempertahankan. Bahkan dapat menjadi penyemangat dalam melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang ada,” kata Ilham.

Baca juga: UMPR: Minimalkan kerusakan ekologi melalui pengembangan ekowisata

Piagam penghargaan itu diserahkan perwakilan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Tengah Fahruddin Hasibuan dan Darrin Octavia Siski Hayuningtyas kepada Kakanwil Kemenkumham Kalteng yang diwakili Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara Liyana.

Sementara itu, Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah Kalimantan Tengah yang berpusat di Kota Palangka Raya dipimpin Hari Utomo.

Setiap pengguna anggaran negara diharapkan melakukan pengelolaan kas yang mandiri, efisien,
dan optimal. Sehingga mewujudkan akuntansi dan pelaporan keuangan negara yang akuntabel, transparan, dan tepat waktu.

Kanwil Ditjen Perbendaharaan mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pembinaan, supervisi, asistensi, bimbingan teknis, dukungan teknis dan monitoring. Kemudian evaluasi, analisis, kajian, penyusunan laporan, dan pertanggungjawaban di bidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

(Boy)

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News