Kemenag Kalteng Siap Jalankan Kebijakan Penyederhanaan Struktur Organisasi

Kemenag Kalteng Siap Jalankan Kebijakan Penyederhanaan Struktur Organisasi

Palangkanews.co.id || Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah menjadi satu dari sekian banyak satuan kerja di bawah Kementerian Agama RI yang akan menjalankan kebijakan penyederhanaan struktur organisasi. Hal itu menyusul program pemerintah pusat untuk menyederhanakan birokrasi. 10/6/21

Kakanwil Kemenag H. Abd. Rasyid ketika dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (8/6/2021) mengatakan, pihaknya telah melakukan rapat untuk membahas penyederhanaan tersebut. Hasilnya, jajaran Kemenag Kalimantan Tengah memahami bahwa penyederhanaan struktur organisasi dan jaringan birokrasi itu muaranya adalah peningkatan kualitas layanan.

“Jadi dari kebijakan ini kami memahami bahwa pada saatnya nanti Kementerian Agama akan sedikit strukturnya, namun kaya fungsi,” ujar H. Abd. Rasyid.

Dikatakan mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara ini, seluruh jajarannya memahami dan sejalan dengan penyederhanaan struktur organisasi tersebut. Namun diharapkan adanya penguatan kewenangan dalam beberapa jabatan fungsional yang akan menjadi bagian dari penyederhanaan birokrasi tersebut.

“Ada harapan dari beberapa pihak di Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah bahwa nantinya pada jabatan fungsional yang dihasilkan dari alih status jabatan struktural itu mendapatkan penguatan kewenangan atau otoritas, sehingga mekanisme kerja yang sudah berjalan selama adanya jabatan struktural bisa tetap diteruskan dengan irama yang sama,” beber H. Abd. Rasyid.

Diyakini bahwa penyederhanaan struktur organisasi tersebut tidak mengurangi kapasitas layanan Kementerian Agama. Bahkan akan menjadikan Kementerian Agama sebagai organisasi yang cepat dalam melayani, meningkat responsivitas birokrasinya, serta meningkatkan kualitas output birokrasi.

“Tahapan penyederhanaan birokrasi diawali dengan penyederahaan struktur organisasi lalu penyetaraan jabatan dan terakhir penyesuaian sistem kerja. Kami akan ikuti semua tahapan tersebut,” tegas H. Abd. Rasyid.

Sekedar diketahui, rapat membahas penyederhanaan struktur organisasi itu sendiri digelar oleh Subbagian Organisasi, Tata Laksana, dan Kerukunan Umat Beragama pada Senin (7/6/2021). Hadir dalam rapat itu Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang, Pembimas, serta sejumlah analis kepegawaian.

Pewarta. : Red pknews
Sumber : Kemenag Kalteng

Redaksi Palangka News