Kemenag dan Pengadilan Agama Prov. Kalteng Komitmen Jalin Kerjasama

Kemenag dan Pengadilan Agama Prov. Kalteng Komitmen Jalin Kerjasama

Palangkanews.co.id || Pengadilan Agama dan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah sebagai instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam melakukan pelayanan berkomitmen melakukan kerjasama terkait konektivitas dan integrasi data penduduk.

Hal tersebut menjadi agenda utama pembahasan dalam pertemuan kedua belah pihak saat melakukan koordinasi yang dikemas dalam bingkai silaturrahmi dalam suasana Ramadhan di ruang kerja Kakanwil , Sealasa (4/5) pagi.

Ketua Pengadilan Agama Kalimantan Tengah H. Sampraja didampingi Wakil Ketua H. Makmum dan panetra H. Hairil Anwar serta ketua Pengadilan Agama Kota Palangka Raya Hj. Nor Hayati mengucapkan syukur dan terima kasih atas penyambutan yang diberikan oleh pihak Kanwil Kemenag Prov. Kalteng dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan.

“Kami mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas kesediaan Kakanmwil menerima kedatangan kami guna menjalin silaturrahmi dan persiapan membuat komitmen bersama( MoU) sebagai bentuk kerjasama konektivitas dan integrasi data penduduk Dukcapil, data perceraian Pengadilan Agama dan data perkawinan pada Kementerian Agama Prov. Kalteng ,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Kakanwil Kemenag Prov. Kalteng H. Abd. Rasyid, juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kunjungan ketua Pengadilan agama Kalteng didampingi wakil ketua yang ingin membangun kerjasama dalam mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kalimantan Tengah melalui sistem integrasi data secara digital online ketiga intansi.

“Jika nanti ada hal-hal yang perlu dipertanyakan dan diselesaikan secara bersama-sama dengan kami, silahkan datang di Kanwil Kemenag Prov. Kalteng dan bisa menghubungi Kasi Penyuluh Agama Islam (PAI ) pada Bimas Islam, ” Ujar mantan Kakanwil Sulawesi Utara ini.

Sementara, Ketua Pengadilan Agama Kota Palangka Raya Hj. Nor Hayati yang juga hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan kerjasama yang dimaksud dalam pertemuan ini adalah pihak Pengadilan Agama memberikan informasi data perkara perceraian baik itu cerai talak maupun cerai gugat yang harus konek terintegrasi dengan Kementerian Agama melalui data peristiwa perkawinan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, Konektivitas dan Integrasi data tersebut akan memudahkan kedua belah pihak dalam mencari data yang dibutuhkan.

“Apabila kedua instansi terkoneksi melalui data digital maka akan menjadi sebuah kemudahan bagi pihak KUA mengetahui peristiwa perceraian, sebaliknya pihak pengadilan juga akan mudah mengetahui data perkawinan yang terjadi di setiap KUA Kecamatan, tujuannya agar terhindar dari kasus-kasus pernikahan yang melanggar aturan yang berlaku, demikian juga pengadilan sudah mengetahui peristiwa pernikahan yang tercatat di KUA”, Kata Norhayati.

Pewarta : Aris dkk Pknews
Sumber : HumkemenagKalteng/Maturidi

Redaksi Palangka News