Kejar Dugaan Dana Desa Fiktif

Kejar Dugaan Dana Desa Fiktif

Palangkanews.co.id /// Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa,( LRP-APB Desa) Desa Sarahililaza, Kecamatan Lahusa,Kabupaten Nias Selatan Tahun Anggaran 2021 diduga Fiktif Pada Beberapa Paket Pekerjaan Yang Tidak dilaksanakan Namun Anggarannya Terrealisasi, Sebagaimana disampaikan Oleh, HS ” Sumber Yang Enggan Namanya dipublikasi Kepada Media Ini Pada Kamis 10/11/2022 .

” Ada Beberapa Item Kegiatan yang Tidak di Kerjakan Oleh Kepala Desa Sarahililaza, Bazisokhi Laia diantaranya adalah
Pembelian Mesin Molen / Pengaduk Semen Yang Tidak dibeli Oleh Kepala Desa Namun Anggarannya Terrealisasi di LPJ Tahun 2021.
Pembangunan Pengaspalan Jalan Desa , Tidak Dilakukan Namun Anggarannya Terrealisasi di LPJ Tahun 2021, Tutur ” HS.

Tidak Hanya Itu Kepala Desa Sarahililaza Pada Tahun 2021 diduga Kuat Memerintahkan Kaur Keuangannya Untuk Melakukan Transfer Sejumlah Uang dari Rekening Kas Desa, Ke Rekening Pribadi Kepala Desa Pada Bulan Oktober Tahun 2021 Total Nilainya Mencapai Rp. 200.000.000 ( Dua Ratus Juta Rupiah ), Bukti Transfer Ada Sama Saya, Sambung HS Seraya Menunjukan Slip Transfer dari Rekening Kas Desa Ke Rekening Pribadi Bazisokhi Laia.

Saya berharap Agar Inspektorat daerah Kabupaten Nias Selatan Segera Melakukan Audit Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa, Desa Sarahililaza Tahun Anggaran 2021 , Jika Terbukti Ada Kegiatan Anggaran Fiktif Maka Saya Memohon Agar Rekomendasikan Ke Aparat Penegak Hukum Baik Kejaksaan Negeri Nias Selatan Maupun Unit Tindak Pidana Korupsi Kepolisian Resort Nias Selatan Untuk Melakukan Penyelidikan Terhadap Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa, Desa Sarahililaza Tahun 2021 , Jika Terbukti ada Kerugian Negara Maka, Proses Hukum Kepala Desa Sarahililaza Sesuai Ketentuan Peraturan Perundang- undangan Yang Berlaku, Tutup HS.

(Tim*Red Pknews)

Redaksi Palangkanews