Kedatangan Ben-ujang Ke Bartim Disuguhkan Silat Kuntau Borneo

Kedatangan Ben-ujang Ke Bartim Disuguhkan Silat Kuntau Borneo

Palangkanews.co.id | Tamiang Layang – Calon Gubernur Kalimantan Tengah Ir Ben Brahim S Bahat jumpai masyarakat Kelurahan Tamiang Layang, Kabupaten Barito Timur Kalteng Kedatangannya disambut pencak Silat tradisional yaitu khas Kuntau

Cagub nomor urut satu itu berkomitmen akan terus menjaga dan merawat seni tradisional asli Kalteng yang merupakan.peninggalan budaya nenek moyang leluhur asli Dayak kalteng.

“Ben-Ujang ber- ujar akan siapkan tempat khusus untuk kesenian tari tradisional Kalimantan Tengah. Kita jaga dan kelola agar seni tradisional tetap lestari,” ujar Ben Bahat dalam sambutan di masyarakat Tamiang Layang.

Menurut Ben Bupati Kapuas dua periode itu, kelestarian seni tradisional adalah tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, ketika diberi amanah sebagai Gubernur nanti, Ben Bahat akan memperhatikan penuh seni tradisional termasuk para pelaku seni nya.

“Kesenian tradisional adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. Kita bersama-sama menjaga. Termasuk kesejahteraan para pelaku seni harus ditingkatkan,” ucap Ben Bahat.

Ben Bahat juga menjelaskan jika dia terpilih nanti grup kesenian tradisional yang ada di Kalteng bisa menjadi komoditas suatu daerah. Kita atur sedemikian rupa dibuat sanggarnya di setiap daerah wadah khusus yang diberikan Ben-Ujang nantinya, kesenian tradisional bisa menjadi tujuan wisata Nusantara di Kalteng.

“Kita lihat di Bali, ribuan orang mengantre untuk nonton tari Kecak. Kita juga pasti bisa seperti itu. Kalteng punya banyak budaya, punya banyak tradisi dan seni yang bisa kita manfaatkan sebagai obyek wisata. Selain pemasukan untuk Pemda, kita juga memperkenalkan budaya Kalteng ke nasional bahkan internasional,” jelas Ben Bahat.

Pewarta. : Tim pknews Bartim
Sumber. : Liputan tim
Ed/Ad. :. Syaiful

admin