Kasi PHU Dukung Mudzakarah, Di saat Pandemi

Kasi PHU Dukung Mudzakarah, Di saat Pandemi

Palangkanews.co.id | Banjarmasin (Kemenag Banjarmasin) – Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama kota Banjarmasin H.Burhan Noor,M.Pd.I.,M.M, mendukung mudzakarah dalam rangka mengkaji penyelenggaran haji saat pandemi.

“Dengan waktu penyelenggaraan ibadah haji yang semakin dekat maka diperlukan tukar pikiran sebagai persiapan jika memang nantinya ibadah haji diselenggarakan dimasa pandemi,” sampainya saat di konfirmasi terkait Pengkajian Haji saat Pandemi, Jumat (05/03/21) di Banjarmasin.

Disampaikannya, mudzakarah perhajian yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan Maret 2021 oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah akan fokus membahas manajemen penyelenggaraan haji di masa pandemi.

“Yang akan menjadi forum saling berbagi ide dan gagasan terkait tata kelola haji saat pandemi,” katanya.

Burhan Noor menambahkan, fokus pembahasan mudzakarah adalah bagaimana alur manajemen seleksi calon jemaah jika ada pembatasan kuota haji.

“Guna menghasilkan rumusan penyelenggaran haji yang baik saat pandemi yang berkontribusi terhadap pelaksanaan tugas Kementerian Agama dalam memberikan bimbingan manasik haji kepada jemaah juga menjadi pengayaan pada para pembimbing ibadah haji,” sampainya.

Selanjutnya, Burhan Noor menambahkan, rencananya Mudzakarah akan diikuti 45 peserta yang terdiri atas utusan Kemenag, Kemenkes, Komisi VIII DPR, Tim Krisis Manajemen, serta dari Ormas Islam, mulai dari NU, Muhammadiyah, Persis, DDI, dan Al Washliyah.

“Juga unsur IPHI, APHI, BNPB, praktisi haji, Forum KBIH dan KBIHU, serta asosiasi PIHK dan PPIU,” ujarnya.

Terakhir, Burhan Noor berharap mudzakarah dalam rangka mengkaji penyelenggaran haji saat pandemi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Sehingga tercipta rumusan penyelenggaraan dan tata kelola haji yang baik meski belum ada keputusan apapun dari Arab Saudi,” tutupnya.

Pewarta : Yulianda pknews Kalsel
Sumber : Husna/Yanti/Kemenag Kalsel

Redaksi Palangka News