Kakanwil : Prioritaskan Kebutuhan Masyarakat, Menag Minta Anggaran Perjalanan Dinas Dirasionalisasi

Kakanwil : Prioritaskan Kebutuhan Masyarakat, Menag Minta Anggaran Perjalanan Dinas Dirasionalisasi

Palangkanews.co.id /// Jakarta(Humas)Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Noor Fahmi hadir dan mengikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Pada Kementerian Agama per tanggal 10 Mei 2022 di Auditorium HM .Rasjidi Jalan H.M Thamrin No.06 Jakarta Pusat.

Rapat Koordinasi ini diikuti oleh Sekjen Kemenag RI Nizar Ali dan Kakanwil Kemenag se Indonesia dengan pimpinan rapat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam Paparanya,Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberi pesan khusus kepada jajarannya, pusat dan daerah, untuk memaksimalkan pelaksanaan anggaran dan kebijakan yang berpihak pada rakyat. Salah satu cara pemanfaatan anggaran yang efektif dan efisien, menurut Menag, adalah merasionalisasikan anggaran perjalanan dinas.

“Anggaran perjalanan dinas yang ada perlu dirasionalisasikan, agar pemanfaatan anggaran yang diamanahkan kepada kita benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Menag di Jakarta Kamis (12/5/2022).

“Perlu diingat bahwa setiap anggaran yang diamanahkan rakyat, harus kita pertanggungjawabkan,” lanjutnya.

Dalam rapat yang dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kemenag se Indonesia Ini, Menag mengingatkan setiap penanggung jawab pelaksanaan anggaran untuk memprioritaskan penggunaan produk-produk dalam negeri.

“Penggunaan produk dalam negeri harus dioptimalkan. Sebab, ini adalah salah satu cara untuk memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya setelah diterpa pandemi Covid-19 dalam kurun 2 tahun terakhir,” tegas Menag.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali menambahkan, pelaksanaan anggaran harus disegerakan. Sebab, anggaran yang dititipkan adalah amanah untuk kesejahteraan rakyat.

“Jangan tunda pelaksanaan anggaran, menyegerakan pelaksanaan anggaran akan sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi di tengah badai pandemi yang belum berakhir di negeri kita,” pungkas Nizar.

Dalam paparan Sekjen Kemenag RI Nizar Ali realisasi anggaran Kementerian Agama per 10 mei 2022, Kanwil Kemenag Prov. Kalteng berada di posiisi 2 dari 34 Kanwil Kemenag Se Indonesia.

Dari paparan realisasi anggaran sampai dengan 10 Mei 2022, diketahui serapan anggaran Kemenag Kalteng sebesar Rp. 252.594.005.125 dari Pagu Rp. 761.849.260.000 atau sebesar 33,16 persen. Sedangkan peringkat I diraih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Pagu Rp. 304.819.247.000 dan peringkat III Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Pagu Rp. 723.022.132.000.

Atas capaian itu, Kakanwil menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada jajarannya, mulai dari satker Kanwil, Kemenag kabupaten kota, hingga madrasah negeri yang telah ikut berkontribusi dalam realisasi penyerapan anggaran Kemenag se-Kalteng.

Kakanwil berharap kepada jajarannya untuk meningkatkan prestasi ini sampai akhir tahun anggaran 2022. “Minimal bisa mempertahankan capaian yang sudah diraih ini,” kata dia.

Untu itu ia minta satker Kemenag se-kalteng agar tetap memperhatikan kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaan anggaran, patuh terhadap regulasi, serta melaksanakan kegiatan secara efektiv dan efisien. Kemudian melakukan langkah-langkah percepatan anggaran untuk semester II tahun anggaran 2022.

Pewarta. : Meggy

Redaksi Palangkanews

Redaksi Palangkanews