Kakanwil Kemenag Kalteng H. Noor Fahmi, Dialog Dengan Plt. Sekda Kalteng H. Nuryakin .

Kakanwil Kemenag Kalteng H. Noor Fahmi, Dialog Dengan Plt. Sekda Kalteng H. Nuryakin .

Palangkanews.co.id || Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Noor Fahmi pada Kamis (15/7/2021) menyambangi Sekretariat Daerah Prov. Kalteng. H. Noor Fahmi bertemu dengan Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, H. Nuryakin.

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja H. Nuryakin itu membahas banyak hal, diantaranya soal penerapan pedoman penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.
“Penerapan Surat Edaran Menteri Agama tentang penyelenggaraan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dalam suasana pandemi Covid-19 tentu memerlukan keterlibatan semua pihak, termasuk pemerintah daerah,” sebut H. Noor Fahmi.

Pria yang baru dilantik sebagai Kakanwil Kemenag Kalteng pada 6 Juli 2021 silam itu berharap Pemprov Kalteng dapat memfasilitasi pelaksanaan sosialisasi sampai ke pemerintah desa. Dengan begitu, tercipta sinergi dalam menyampaikan SE Menteri Agama tersebut.

“Karena di jajaran Kementerian Agama, sosialisasinya dilakukan sampai ke tingkat terbawah melalui penyuluh agama Islam. Ini harus ditunjang oleh struktur pemerintah daerah sampai ke tingkat desa,” kata H. Noor Fahmi.

Menanggapi hal itu, Plt. Sekda Kalteng H. Nuryakin mengatakan, kehadiran SE Menag menjadi salah satu bagian penting dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Bumi Tambun Bungai. Dengan kondisi saat ini, dia pun meminta masyarakat dapat mempedomani dan mematuhi edaran tersebut.

“Ini menjadi kewajiban bersama untuk disosialisasikan. Dan jajaran pemerintah daerah pun bergerak untuk melakukan hal tersebut,” ucap Plt. Sekda.

Nuryakin mengimbau masyarakat untuk tidak melihat pengaturan penyelenggaraan salat Idul Adha itu sebagai pembatasan hak beribadah. Namun lebih ke upaya pemerintah mengendalikan penyebaran Covid-19 sekaligus untuk menjaga kesehatan warganya.

“Seperti yang kita tahu bahwa dalam syariat Islam jika terdapat halangan, salat bisa dilakukan di rumah. Salat Idul Adha pun karena suasana pandemi, bisa kita laksanakan di rumah bersama keluarga,” beber Nuryakin.

Pewarta. : Asmawati
Sumber : Kemenag Kalteng

Redaksi Palangka News