Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah, H. Abd. Rasyid, Minta Kualitas Layanan Diukur

Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah, H. Abd. Rasyid, Minta Kualitas Layanan Diukur

Palangkanews.co.id || Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H. Abd. Rasyid meminta agar seluruh layanan publik di jajarannya diukur kualitasnya. Salah satu alat ukurnya adalah melalui survei kepuasan layanan kepada masyarakat pengguna layanan. 10/6/21

Hal itu dikatakan H. Abd. Rasyid di kantornya di Palangka Raya, Selasa (8/6/2021). Survei kepuasan layanan menjadi hal penting agar ada umpan balik dari pengguna layanan. Dengan begitu, dapat diperoleh masukan demi peningkatan kualitas layanan.

“Harus diukur (kepuasan) layanan kita. Secara rutin, lakukan survei untuk layanan publiknya,” tegas H. Abd. Rasyid.

Suami dari Hj. Irma Hunta ini mencontohkan layanan nikah di KUA. Tingkat kepuasan masyarakat tentu akan berbeda-beda atas layanan tersebut, dan hanya bisa diketahui jika dilakukan survei.

Jika sudah disurvei, maka hasilnya harus diumumkan dalam rangka pertanggungjawaban publik.

“Siapkan saja kertas, dengan sejumlah pertanyaan. Dari situ, akan tergambar bagaimana penilaian masyarakat atas layanan kita,” kata H. Abd. Rasyid.

Terpisah, Kasubbag Umum dan Humas, Gondo Utomo mengaku pihaknya sejak Januari 2021 silam telah menyiapkan formulir survei layanan di ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Meski masih manual, namun survei layanan itu cukup penting untuk melihat penilaian masyarakat atas kinerja PTSP.

Ke depannya, survei layanan juga akan dilakukan ke pihak internal Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah.

“Kami memang merencanakan untuk survei layanan yang menjadi tugas Subbagian Umum dan Humas ke eksternal dan internal. Sementara ini kami baru mengukur di eksternal saja, untuk internalnya masih kami siapkan surveinya,” ucap Gondo.

“Bisa saja untuk internal akan kami ukur sejauh mana tingkat kepuasan atas layanan persuratan dan apa masukan yang diberikan ke kami,” imbuhnya.

Pewarta : Red pknews
Sumber : Kemenag Kalteng

Redaksi Palangka News