Kadislutkan H. Darliansjah Laksanakan RAT KPN Perikanan Tahun Buku 2020

Kadislutkan H. Darliansjah Laksanakan RAT KPN Perikanan Tahun Buku 2020

Palangkanews.co.id | Sebagai wujud terhadap amanat undang-undang perkoperasian dan pertanggungjawaban atas kepercayaan anggota koperasi, pengurus Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) secara rutin melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (TIKUS). RAT KPN Perikanan Tahun Buku 2020 dilaksanakan di Aula Kantor Dislutkan Prov. Kalteng, Kamis (25/2/2021). Rapat ini dilaksanakan secara terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan.

Turut hadir Kepala Dislutkan Prov. Kalteng selaku Pembina KPN Perikanan Ir. H. Darliansjah, M.Si , Ketua DEKOPINDA Kota Palangka Raya Jayani Simarmata, SE , penyuluh koperasi dari Kementerian KUKM, pengawas, serta perwakilan dari Anggota KPN Perikanan. Kegiatan ini juga dihadiri Anggota KPN melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting .

Dalam laporannya, Ketua Pengurus KPN Perikanan, Ir. Lesep, M.Si menyampaikan perkembangan KPN Perikanan selama Tahun Buku 2020. “Sebagai koperasi yang anggotanya terbatas pada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Dislutkan Prov. Kalteng, perkembangan KPN Perikanan cukup baik, dimana jumlah modal mencapai Rp. 1.147.000.000, “ucapnya.

Pada kesempatan ini Kadislutkan Prov. Kalteng, H. Darliansjah dalam krisisnya menyatakan apresiasi terhadap kerja keras pengurus dan pengawas KPN Perikanan yang mampu mendongkrak jumlah modal sehingga dapat bertambah cukup signifikan serta melaksanakan RAT tepat waktu.

“Pengurus dan pengawas KPN Perikanan harus jeli melihat peluang-peluang diversifikasi usaha di bidang kelautan dan perikanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota serta tugas dan fungsi Dislutkan Prov. Kalteng. Diharapkan, pengurus dapat terus melayani anggota koperasi dengan amanah dan profesional, terlebih di masa pandemi ini dimana mungkin terdapat anggota yang memerlukan suntikan dana,” ucapnya.

“Koperasi memiliki sifat yang berbeda dengan perusahaan, dimana koperasi memiliki prinsip dari, oleh, dan untuk anggota, sehingga harus berorientasi untuk melayani anggota yang merupakan memiliki badan usaha sekaligus pengguna jasa. Koperasi selain mencari profit juga harus memberikan benefit bagi anggota,” imbuhnya.

H. Darliansjah menghimbau Anggota KPN Perikanan untuk disiplin dalam melaksanakan tugas kewajibannya sebagai anggota dan semakin aktif memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh koperasi agar KPN Perikanan dapat semakin berkembang dan memberi manfaat bagi banyak orang. Selain itu, beliau menambahkan agar pengurus KPN semakin kompak, akuntabel dan profesional sehingga dapat semakin meningkatkan kepercayaan anggota untuk mengelola koperasi.

“Agar kompetensi pengurus KPN Perikanan semakin meningkat, pengurus agar melakukan kaji banding ke koperasi perikanan yang telah berjalan dengan baik,” tutupnya.

Sementara, DEKOPINDA Kota Palangka Raya Jayani Simarmata yang juga merupakan Pengawas Koperasi dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap KPN Perikanan. Menurut Jayani, melaksanakan RAT tepat waktu merupakan salah satu ciri-ciri koperasi yang sehat. Umumnya pelaksanaan RAT terlambat akibat penyusunan Laporan Keuangan koperasi yang terlambat dikarenakan administrasi pembukuan yang kurang baik.

“Kami mengagumi kesigapan pengurus KPN Perikanan yang telah berhasil mengadakan Dana Cadangan Resiko (DCR) pada Tahun Buku 2020. Dengan adanya DCR akan dapat meminimalkan resiko dan memberi manfaat bagi anggota dan ahli warisnya,” pungkas Jayani.

RAT membahas Laporan Pertanggungjawaban pengurus dan pengawas pada Tahun Buku 2020, serta rencana kerja pada Tahun Buku 2021. Mengakhiri kegiatan RAT ini dilakukan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU), yang akan diterima seluruh anggota KPN Perikanan.

Pewarta : Aris pknews kalteng
Sumber : kadislutkan Provkalteng/ Lee, Adt/ Lian/ Pknews

Redaksi Palangka News