Kadisbun Rizky R Badjuri Bersama Narasumber Diskusi Panel terkait HGU dan FPKMS

Kadisbun Rizky R Badjuri Bersama Narasumber Diskusi Panel terkait HGU dan FPKMS

Palangkanews co id // Pemprovkalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Rizky R Badjuri menghadiri Sosialisasi regulasi Hak Guna Usaha (HGU) dan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat Sekitar (FPKMS), bertempat di Hotel M Bahalap Palangka Raya, Rabu (26/6/2024). Kegiatan ini dibuka secara resmi Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin.

Pada kesempatan tersebut, Kadisbun Rizky R Badjuri mengatakan Satuan Tugas Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara (Satgas) dibentuk oleh Presiden melalui Keputusan Presiden nomor 9 tahun 2023. Satgas terdiri dari beberapa Kementerian/Lembaga yang membidangi industri kelapa sawit. Salah satu agenda kerja yang ada di Satgas adalah pemenuhan HGU dan FPKM.

“Pertemuan ini untuk menyelaraskan regulasi terkait dengan HGU dan FPKMS kepada seluruh dinas yang membidangi pertanahan dan perkebunan di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Tengah”, tutur Risky.

Poto bersama peserta

Ia menambahkan, komoditas kelapa sawit merupakan komoditas unggulan di Prov. Kalteng. Dimana peluang dan prospeknya ke depan sangat besar dan menjanjikan dan merupakan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui.

“Peraturan Daerah dan peraturan turunannya ini, diharapkan akan terakomodir kebutuhan seluruh pemangku kepentingan guna menjamin iklim investasi yang baik”, pungkasnya.

Dalam kegiatan Sosialisasi Regulasi HGU dan FPKMS, Kadisbun bersama narasumber yakni dari Kementerian Pertanian, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengikuti diskusi panel.

Publikasi. : Titin

Sumber.   :  Disbun Kalteng

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News