Kadisarpustaka Kapuas Kaji Naskah Kuno di Yogyakarta

Kadisarpustaka Kapuas Kaji Naskah Kuno di Yogyakarta

Palangkanews co id // Pemkab Kapuas – Naskah Kuno (manuskrip) yang bernilai penting bagi peradaban, sejarah, kebudayaan dan ilmu pengetahuan menjadi kajian Kadisarpustaka Kapuas yang tergabung dalam rombongan Studi Kaji Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya bersama sejumlah Kadisarpustaka Kabupaten/Kota dan Plh.Kadispursip Kalteng dan rombongan tekun pelajari tentang Naskah Kuno pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Istimewa Yogyakarta” rilis H.Suwarno Muriyat, Rabu (26/6) sore

Berbicara dan pengawasan
Peserta dari Kapuas

Terungkap diskusi yang dipandu Kepala Balai DPAD DIY Dewi Ambarwati,S.Sos.MAP, bahwa Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan pada pasal 6 ayat 1 (b) masyarakat berkewajiban untuk menyimpan, merawat, melestarikan naskah kuno yang dimilikinya dan mendaftarakannya ke Perpustakaan Nasional.

Sedangkan perlindungan naskah kuno lanjut H. Suwarno Muriyat merupakan upaya untuk menjaga keberlanjutan kebudayaan bangsa Indonesia dengan cara inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan dan publikasi naskah nusantara kepada masyarakat di dalam maupun luar negeri.

“Tindaklanjut dari studi kaji ini, kami akan bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait dengan membuat kesepakatan bersama MoU, juga pro-aktif mendaftarkan naskah kuno, pendampingan dan edukasi kepada masyarakat.

Serta mempublikasikan naskah kuno/nusantara sebagai implementasi sumber pengetahuan dan budaya dalam pelaksanaan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS)” pungkas H. Suwarno Muriyat 

Publikasi. : Wawan Pknews

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News