Kaban Kesbangpol Prov. Kalteng Sampaikan Materi Pada Pelatihan Aparatur  Desa

Kaban Kesbangpol Prov. Kalteng Sampaikan Materi Pada Pelatihan Aparatur  Desa

palangkanews.co.id # Provkalteng Palangka Raya – Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kalteng Katma F. Dirun menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa, Minggu (15/10/2023) bertempat di Hotel Aquarius, Kota Palangka Raya.

Saat memaparkan materinya yang bertemakan “Peranan Kepemimpinan bagi Aparatur Pemerintah Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa”, Katma F. Dirun menyatakan bahwa kepemimpinan yang baik adalah kepemimpinan dengan hati.

“Apabila seorang pemimpin yang memimpin organisasi dengan hati, mau mendengarkan, dan juga dapat menjadi contoh teladan yang baik terhadap anggota organisasi serta masyarakat, maka niscaya akan membawa dampak positif bagi pelaksanaan kinerja dan pembangunan,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, pada konteks kehidupan bermasyarakat di Kalimantan Tengah, Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa juga dapat menerapkan prinsip kepemimpinan Huma Betang. “Prinsip Huma Betang ini merupakan kepemimpinan yang mengedepankan kearifan lokal yang sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan yang tertuang dalam Pancasila, antara lain spiritualitas (campur tangan Tuhan), jujur dan terbuka, nilai-nilai kekeluargaan, musyawarah serta mendahulukan kepentingan bersama,” tuturnya.

Sementara itu, pendamping Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Sri Wahyuningsih menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mampu mendorong Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa untuk memiliki pemahaman manajemen kepemimpinan dan kewirausahaan, sehingga meningkatkan kualitas pemerintahan desa, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa,” pungkasnya.

pewarta. :  Titin 

Sumber.   : Kesbangpol Prov. Kalteng

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News