Kab Barsel Menggelar Forum Konsultasi Publik RKPD untuk Mewujudkan 6 Prioritas Pembangunan

Kab Barsel Menggelar Forum Konsultasi Publik RKPD untuk Mewujudkan 6 Prioritas Pembangunan

Palangkanews.co.id // Pemkab Barsel – BUNTOK – Pembangunan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) pada periode tahun 2025 akan difokuskan pada pertumbuhan ekonomi yang berkualitas untuk pemerataan pendapatan, pengentasan kemiskinan, dan menciptakan kesempatan kerja yang luas.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Dr.H. Deddy Winarwan, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Edy Purwanto, saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Barsel tahun 2025 di aula kantor Bappeda, Senin (05/02/2024).

Tema pembangunan ini mengandung makna bahwa pertumbuhan ekonomi tidak hanya diukur dari segi angka atau output ekonomi semata, tetapi juga harus memastikan bahwa hasil pertumbuhan tersebut didistribusikan secara merata kepada seluruh lapisan masyarakat. Forum konsultasi publik ini bertujuan untuk melakukan pembahasan dan penjaringan aspirasi guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Barsel tahun 2025.

Rancangan awal RKPD Kabupaten Barsel tahun 2025 menetapkan enam prioritas, antara lain memastikan bahwa kebijakan dan program pembangunan mencerminkan kebutuhan, aspirasi, dan peran yang setara; meningkatkan infrastruktur secara berkelanjutan; memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM); melibatkan masyarakat dalam pemetaan kemiskinan dan masalah stunting; mendorong inovasi dan penerapan teknologi; serta memastikan proses perencanaan yang transparan. Penentuan prioritas pembangunan melibatkan semua stakeholder, baik dari pemerintahan maupun masyarakat, dengan harapan dapat menemukan aspirasi dan menciptakan rasa memiliki.

Dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah, rancangan awal RKPD Kabupaten Barsel tahun 2025 didasarkan pada pendekatan holistik-tematik, integratif, dan spasial. Hal ini melibatkan harmonisasi, sinergitas, dan sinkronisasi antara dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan, serta antar tingkat pemerintahan. Hal ini diungkapkan oleh Pj. Bupati Barsel, H. Deddy Winarwan, yang menjelaskan pentingnya proses perencanaan yang terintegrasi.

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Barsel tahun 2025 dihadiri oleh perangkat daerah, pemangku kepentingan, anggota DPRD Kabupaten Barsel, perwakilan BUMN dan BUMD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta pihak terkait lainnya. Melalui forum ini, diharapkan dapat menjaring aspirasi dan memperoleh masukan terkait permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah, serta menetapkan arah dan kebijakan prioritas pembangunan Kabupaten Barsel berdasarkan RPJMD Provinsi Kalimantan Tengah, RKP nasional, dan rencana pembangunan daerah Kabupaten Barsel tahun 2023-2026.

Pewarta : H.Assjian
Sumber : Edy Purwanto.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News