Jepara Jawa Tengah, Jadi Incaran Pengedar Narkoba

Jepara Jawa Tengah, Jadi Incaran Pengedar Narkoba

Palangkanews.co.id Jepara, 30/4/2021 Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepala BNN Propinsi Jawa Tengah, Brigjen, Pol, DR ,Benny, Gunawan, SH.MH berharap Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) segera dibentuk di Kabupaten Jepara. Hal ini berkaitan dengan banyaknya kasus penyalahgunaan narkotika di kota ukir. Kamis 29 April 2021.

Disampaikan Benny Gunawan  saat gelar perkara dan pers rilis ungkap kasus tindak Pidana Narkotika, di pendopo RA Kartini, Kabupaten Jepara.



”Saya harap Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) segera dibentuk di Kabupaten Jepara,” kata Benny.

Saat jumpa pers tersebut  disampaikan, ada enam tersangka kasus narkoba termasuk yang tertangkap di Kabupaten Semarang tanggl 21 April 2021 yang lalu. Keenamnya ,  adalah warga Jepara, dua dari desa Tulakan, Kecapi, Lebak, Mulyoharjo dan Mlonggo, dan masih ada dalam penangan,”ujarnya.

“Kesemuanya masih sebatas kurir dan pengedar sehingga masih ada jaringan diatasnya. Dia  menyebut modus lain yang digunakan pelaku yakni dengan memanfaatkan jasa pengiriman karena beberapa daerah di luar Jawa Tengah menerapkan PSBB. Paket narkotika itu dimasukan ke karung kemudian disebarkan melalui masker atau celana. Kondisi seperti ini perlu diwaspadai karena Jawa Tengah merupakan wilayah transit yang mudah dijangkau dari manapun, ungkapnya.

“Bupati Jepara H.Dian Kristiandi S.Sos menjelaskan bahwa, Pemkab Jepara, sebenarnya telah melakukan berbagai kegiatan pencegahan mulai dari bentuk sosialisasi hingga penandatanganan nota kesepahaman bersama dalam rangka pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika. Melalui Bakesbangpol, kita telah melaksanakan kegiatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan  dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN),” jelasnya.

Tetapi kenyataannya beberapa tahun terakhir ini Kabupaten Jepara menjadi episentrum peredaran narkotika di wilayah Pantura Timur. Jepara juga masuk 7 daerah, di dalam peta wilayah kerawanan kasus kejahatan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Oleh karena itu usulan, di Kabupaten Jepara harus dibentuk BNNK bisa direalisasi ditargetkan akhir tahun ini. Seperti diungkapkan bupati, “Usulan pembentukan BNNK sudah kita ajukan ke BNN pusat. Kita yakin dorongan serius dari BNNP Jawa Tengah akan segera terwujud BNNK di Jepara. Kita berharap segera dibentuk agar penanganan kasus narkotika di Jepara bisa lebih efektif. Hal ini kita targetkan sampai akhir tahun ini, tetapi semua tergantung BNN Pusat ,” tambah bupati.

“Pada pers rilis selain dihadiri langsung Kepala BNNP Jateng Benny Gunawan dan Bupati Jepara H.Dian Kristiandi, juga ada Kajari Jepara Ayu Agung, Kasat Narkoba Sulistiyono mewakili Kapolres, perwakilan dari Kodim 0719, Lapas Kelas I Kedung Pane, dari Rutan IIB Jepara, pengadilan negeri Jepara serta jajaran forkopimda Jepara,” pungkasnya

PUJI Sumono

Redaksi Palangka News