Jaringan Irigasi Di Tiga Kecamatan Kabupaten Barito Utara, Digarap Kembali

Jaringan Irigasi Di Tiga Kecamatan Kabupaten Barito Utara, Digarap Kembali

Palangkanews.co.id – Barut | Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui program Dinas Pertanian (Distan) setempat pada tahun anggaran 2020 ini melaksanakan perbaikan jaringan irigasi sekitar 800 hektar di tiga Kecamatan di daerah ini.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Ir Setia Budi mengatakan tahun ini melalui program Dinas Pertanian akan melaksanakan perbaikan jaringan irigasi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Teweh Selatan, Kecamatan Gunung Timang dan Kecamatan Montallat dengan sasaran perbaikan jaringan irigasi 800 hektar.

Adapun perbaikan jaringan irigasi yang berada di tiga Kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Montallat berada di Desa Pepas, Kelurahan Tumpung Laung dan Montallat, Kecamatan Gunung Timang meliputi Desa Rarawa, Desa Malungai, Desa Majangkan dan Desa Walur, kemudian Kecamatan Teweh Selatan meliputi Desa Trahean dan Bangdep.

“Perbaikan jaringan irigasi ini gunanya dalam rangka peningkatan produksi dan penambahan luas tanam. Artinya begini seperti contah di Dusun Transbangdep, ada lokasi-lokasi yang dari dulu selalu tergenang terus, jadi tidak bisa ditanami karena jaringan irigasi pembuangannya tidak ada, dan kini sudah normal dan sudah baik,” kata Setia Budi, diruang kerjanya, Rabu (19/8).

Dan saat ini kata Setia Budi, sudah kita laksanakan perbaikan jaringan irigasi di Transbangdep, satu jaringan irigasi tersebut kurang lebih sepanjang 1.200 meter. Kemudian ada juga jaringan yang menyeberang jalan, hal itu dalam rangka penyedotan, dimana di lokasi leter S tersebut selalu tergenang air.

“Perbaikan jaringan irigasi ini dalam rangka memacu terus peningkatan produksi tanaman pangan, terutama sasaran kita adalah areal persawahan. Dan mudah-mudahan nantinya bisa efektif,” kata Setia Budi.

Hal ini jelasnya lagi dilaksanakan dua kali musim tanam. Ini juga sesuai dengan arahan dan petunjuk Bupati Barito Utara H Nadalsyah pada saat tanam bersama di Dusun Transbangdep beberapa waktu lalu. Dalam arahan bupati tersebut, selama pandemi Covid 19, pertanian terus melakukan kegiatan tanam

Selanjutnya kata Setia Budi, meningkatkan infrastruktur pertanian, dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan lahan-lahan yang dulunya sulit dibuka dan sulit ditanam terutama di areal-arela yang sering terjadi rendaman air yang cukup dalam dan susah keringnya.

“Dan Alhamdulillah kita mendapat dukungan dari pusat untuk pendanaannya yang bentuk kegiatannya adalah secara swakelola. Ini juga tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang juga ikut melakukan loby di Provinsi dan Pusat,” ungkapnya .

Pewarta : Leny
Sumber. : Dinas Pertanian Barut
Ed/Ad. : Syaiful

admin

admin