Jangan Terjadi Lagi Bencana Karhutla, Ini Kata Sigit Widodo

Jangan Terjadi Lagi Bencana Karhutla, Ini Kata Sigit Widodo

Palangkabews co.id # Kota Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya Sigit Widodo mengatakan, musim kemarau yang ditandai suhu panas ekstrem saat ini harus menjadi perhatian semua pihak. Terutama terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang bukan hal baru lagi selalu menjadi ancaman mewarnai musim kemarau tersebut.

“Intinya, perlu perhatian bagaimana pemerintah, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan serta masyarakat secara luas, dalam mengantisipasi ancaman karhutla,” ungkap Sigit, Rabu (14/6/2023) di Palangka Raya.

Lebih lanjut legislator yang tergabung dalam komisi C DPRD Palangka Raya mengatakan, peran aktif semua pihak diperlukan dalam mencegah ancaman bencana karhutla.

“Beberapa waktu lalu BPBD Palangka Raya telah merilis bahwa dari awal musim kemarau hingga Juni ini di Kota Palangka Raya telah 34 kali mengalami kejadian karhutla,” ucapnya.

Maka dari itulah kata dia, diperlukan peran dari semua pihak terutama masyarakat dalam mengantisipasi ancaman karhutla, sehingga bencana karhutla pada 2015 silam tak terjadi lagi di Kota Palangka Raya.

Tempat terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengungkapkan, peristiwa karhutla hampir terjadi dalam setiap harinya di wilayah Palangka Raya, dimana tim satgas karhutla melakukan penanganan dan pemadaman pada satu hingga dua titik karhutla.

“Kami selalu berkoordinasi dengan relawan maupun tim karhutla dari provinsi, sehingga ketika ada kejadian karhutla, maka semuanya bisa saling bahu membahu dalam hal penanganan,” tuturnya.

Disampaikan Emi, dalam kondisi cuaca panas seperti saat ini maka bisa saja akan terjadi karhutla yang cukup intensif. Maka itu, jangan sampai ada warga yang membuka lahan dengan cara dibakar, hal tersebut harus dicegah.

Pewarta. : Aldio

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News