Jalan Desa Penghubung 3 Kecamatan Kondisinya Sangat Memprihatinkan

Jalan Desa Penghubung 3 Kecamatan Kondisinya Sangat Memprihatinkan

Palangkanews.co.id # Buntok – Jalan desa penghubung 3 (Tiga) Kecamatan yaitu. Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kecamatan Dusun Utara dan Kecamatan Dusun Selatan, sekaligus menunju Kabupaten Bartio Selatan, Kalimantan Tengah. Karena kondisinya sangat memprihatinkan rawan kecelakaan.

Ketua Komisi II DPRD Barito Selatan, sangat prihatinkan dengan kondisi jalan tersebut. Karena itu adalah jalan desa yang dilewati tiga Kecamatan karena itu adalah satu – satunya akses lewat jalan darat yang bisa digunakan untuk umum seperti jalan Desa Telang Andrau, Desa Sungai Telang dan Desa Majundre.

“Sedangkan desa – desa yang ikut juga melewatinya yaitu. Desa Tanjung Jawa, desa Bundar, desa Talekoi dan desa Beruang. Jadi ada banyak desa yang akan memfungsikan jalan itu nantinya, namun kondisi jalannya sulit dilewati,
apalagi musim hujan jalannya jadi licin, dan berlumpur, ” kata Ensila kepada media ini Kamis (26/7/2023).

Ibu yang berparas cantik ini ini adalah dari fraksi PDI-Perjuangan muncung putih itu. Ia mengharapkan
agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Barito Selatan, untuk bisa menganggarkan keperluan pembangunan infrastruktor jalan poros tersebut, di APBD Tahun Anggaran (TA) 2024 mendatang.

“Saya selaku wakil rakyat dari komisi II DPRD Barsel siap mendukung penuh kepada Pemkab setempat karena itu adalah untuk kepentingan kita bersama, ” ujarnya.

Pasalnya jalan tersebut kondisinya sangat rawan itu harus exstra hati – hati guna menghindari musibah yang tidak diinginkan. Apalagi sedang mambawa barang angkutan pakai motor roda dua.

“Akibat kondisi jalan rusak tersebut dampaknya sangat dirasakan masyarakat, termasuk perekonomian bahan pokok jadi serba mahal, seperti Lpg 3 kg sehingga mencapai harga Rp 75000 (Tujuh puluh lima ribu) rupiah pertabung, ” ujarnya.

Selain itu juga Ensila menambahkan kalau jalan tersebut bisa cepat dilakukan perbaikan, sehingga masyarakat terbantukan baik dari segi ekonomi maupun lancarnya angkutan dan bisa menekan harga barang – barang kebutuhan sehari – hari.

Pewarta : H. Assjian
Sumber : Ensilawatika Wijaya.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News