IVO SUGIANTO SABRAN UNGKAP PERAN PENTING PARA IBU DALAM PENINGKATAN BUDAYA MEMBACA DAN LITERASI

IVO SUGIANTO SABRAN UNGKAP PERAN PENTING PARA IBU DALAM PENINGKATAN BUDAYA MEMBACA DAN LITERASI

Palangkanews co.id | Bunda Literasi Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menghadiri acara Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Tahun 2021, yang digelar di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya, pada Selasa, 2 Maret 2021. Pada acara talkshow tersebut, Ivo Sugianto Sabran didaulat untuk menjadi salah satu narasumber.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri yang mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran. Turut pula dihadirkan sebagai narasumber pada acara tersebut, yakni Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) Muhammad Syarif Bando, Wakil Ketua Komite III DPD RI Muhammad Rakhman, dan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Palangka Raya Khairil Anwar.

Acara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah ini terselenggara atas kerja sama antara Perpusnas RI dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Baca Guna Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Indonesia”. Digelar hybrid meeting, acara ini dilaksanakan secara terbatas dengan tatap muka langsung (offline/luring) dan secara virtual melalui konferensi video (online/daring).

Pada kesempatan tersebut, Bunda Literasi Kalteng menegaskan bahwa menumbuhkan minat dan budaya gemar membaca pada anak sejak usia dini sangat penting. “Setiap ada kegiatan PKK, Dharma Wanita, dan Bunda PAUD, saya selalu menyelipkan, Pak, Ibu, agenda untuk sosialisasi mengenai Gemar Membaca, terutama bagi anak-anak PAUD, karena betapa pentingnya gemar membaca sejak dini. Kalau sejak dini sudah dilatih gemar membaca, tentu nanti ke depannya juga akan terbiasa,” ungkap Ivo.

Untuk itu, menurut Bunda Literasi Kalteng, para ibu memegang peran strategis sebagai agent of change, dalam melakukan sosialisasi dan menumbuhkan budaya gemar membaca dan literasi, terutama kepada anak-anak mulai sejak dini. Seperti diketahui, ibu merupakan perpustakaan pertama bagi anak, di mana ibu menjadi sumber informasi dan sekaligus tempat belajar pertama bagi anak.

“Agen perubahan, di mana ibu-ibu ini merupakan media edukasi utama dan pertama bagi anak-anaknya. Biasanya, tadi yang saya bilang, untuk urusan mendidik anak memang bapak juga berkontribusi, tapi kontribusi lebih besar itu untuk masalah pendidikan anak biasanya pada Ibu. Karena itu tadi, ibu adalah media edukasi pertama dan utama bagi anak-anaknya,” ungkap Ivo Sugianto Sabran.

Atas dasar itu pula, Ivo Sugianto Sabran yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP PKK) Provinsi Kalteng mendorong sejumlah organisasi wanita, khususnya TP PKK dan Dharma Wanita, untuk turut berperan aktif dalam upaya peningkatan budaya gemar membaca dan literasi di Kalteng. “Di PKK, Dharma Wanita ini adalah berjenjang juga, dari mulai dari provinsi, kabupaten, kota, hingga ke pelosok desa, dan sebagian besar mayoritas kader PKK ini juga ibu-ibu. Maka dari itu, saya dorong untuk Tim Penggerak PKK (dan) Dharma Wanita agar terus bisa mensosialisasikan untuk budaya gemar membaca,” terang Ivo.

Lebih lanjut, kepada Kepala Perpusnas RI, Ivo juga sempat menceritakan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sukamara, sekitar 12 jam perjalanan darat dari Kota Palangka Raya. Kunjungan itu dalam rangka melakukan sosialisasi budaya gemar membaca dan juga sekaligus membagikan buku-buku bacaan kepada para kader PKK dan anak-anak PAUD. “Di era masa pandemi ini saya juga enggak mau anak-anak kita ini ketergantungan gadget. Maka dari itu kemarin kita bawakan buku untuk dipinjamkan, ada juga yang diberikan gratis,” tutur Ivo.

“Itu, Pak, bentuk semangat kami di Provinsi Kalimantan Tengah, untuk membangkitkan minat membaca di Provinsi ini. Meski enggak mudah dan enggak langsung instan, tapi setidaknya kalau kita ikhtiar ya Bu ya, insyaalloh, niat kita baik, pasti nanti suatu saat akan membuahkan hasil,” pungkas Bunda Literasi Kalteng Ivo Sugianto Sabran.

Pewarta : Dwi pknews kalteng
Sumber : Pemprovkalteng/set/bow

Redaksi Palangka News