Ikan Lele Dapat Dibudidaya Sistem Kolam Terpal

Ikan Lele Dapat Dibudidaya Sistem Kolam Terpal

Palangkanews.co.id , Malang, Jawa Timur – Abstrak Budidaya lele merupakan jenis usaha yang jika tidak direncanakan dengan matang, akan sangat merugikan usaha. Ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan dalam merencanakan usaha budidaya lele, yaitu, penyusunan jadwal kegiatan, menetapkan fasilitas fisik, dan menentukan spesifikasi pekerjaan. 27/7/20.

Dalam hal ini yang paling penting adalah penjadwalan kegiatan, karena dalam proses ternak lele memerlukan banyak proses dalam pemeliharaannya yaitu proses pembuatan kolam, pemilihan bibit, peneberan bibit, pemberian pakan, dan jadwal panen. Dalam hal ini, pendampingan budidaya lele oleh Petugas Pendamping Ternak sangat penting untuk membantu peternak dalam melakukan proses kegiatan budidaya lele.

Di Posdaya Lembaga swadaya masyarakat yustitia malang raya, para peternak yang tergabung dalam anggota ternak berdomisili didusun cokro ledok desa suko anyar kecamatan pakis kabupaten malang bersama kepala desa suko anyar (H. Usman) melakukan proses pendampingan ternak.

Saat ini proses pendampingan ternak masih dilakukan dengan cara manual dan datang langsung ke lokasi budidaya lele yang sedang dikembangkan oleh seluruh anggota LSM yustitia indonesia malang raya, yang diketuai oleh eko ribudianto dan dewan pembina LSM yustitia indonesia Hendro Eko Prastiyo, S.H., M.KN.

Agar penyampaian informasi mengenai jadwal kegiatan ternak dapat dilakukan dengan mudah, maka dibutuhkan Web Service yang mampu mengirim jadwal kegiatan ternak secara langsung.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan praktek, pengumpulan data serta bahan pangan, menggunakan metode wawancara dan observasi. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem.

Implementasi cara lansung memanfaatkan lahan Pengujian ternak tersebut, yang digunakan oleh Peternak sebagai media untuk menerima notifikasi berupa informasi jadwal kegiatan budidaya lele.

Dalam hal ini, nantinya berharap hasil yang didapat dari keuntungan ternak tersebut akan dikbangkan dan disalurkan lagi kefakir miskin serta kaum duafa, juga yatim piatu agar dapat sedikit membantu sesama.

Pewarta : Tim Pknews. Puji Sumono.
Sumber. :. Siaga Online.com
Editor.. :. Hendrik Panjaitan
Admin. :. Syaiful.

Redaksi Palangka News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *