Humas Kominfo Kalteng, Sebagai Nara Sumber Edukasi Kehumasan

Humas Kominfo Kalteng, Sebagai Nara Sumber Edukasi Kehumasan

Palangkanews.co.id || Badan Pemilu Pengawas Nasional (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan Peliputan dan Penulisan Berita bertempat di Aula setempat, Senin (21/6/2021). Kegiatan Bimtek Kehumasan Penulisan dan Peliputan Berita dihadiri oleh Ketua Bawaslu Satriadi, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Rudyanti Dorothea Tobing, Kabag Hukum, Humas, Datin Ramly serta narasumber dari Dinas komunikasi Persandian dan statistik (Diskominfosantik) Prov. Kalteng yang membidangi bagian kehumasan, Arbandigana (Kasi Kehumasan) dan Ferawati (Jabatan Fungsional Pranata Humas). Peserta Bimtek diikuti 20 orang dari staff Bawaslu. Dipublikasikan 22/6/21.

Humas Kominfo Kalteng Menjadi Narasumber Pada Bimtek Kehumasan Peliputan dan Penulisan Berita Jabatan Fungsional Pranata Humas Ferawati saat menjadi Narasumber Pada Bimtek Kehumasan Peliputan dan Penulisan Berita

Hubungan Masyarakat (Humas) adalah usaha untuk membangun dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat. Kesuksesan atau kegagalan dari sebuah organisasi dapat dipengaruhi oleh kegiatan humas atau Public Relations (PR).

Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, dimana masyarakat atau publik sudah semakin kritis terhadap pemberitaan. Peran humas sangat penting sebagai layanan publik untuk memberikan informasi yang jelas dan sesuai fakta yang ada di perusahaan, pemerintahan maupun organisasi lainnya, dengan cara yang baik dan benar agar dapat diterima publik.

Agar Humas dapat menjalankan fungsinya dengan lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran, perlu strategi komunikasi dan publikasi yang tepat berorientasi pada pembentukan opini publik. Dalam pelaksanaannya perlu didukung oleh kemudahan akses kepada unsur pimpinan dan dukungan satuan kerja lain yang terlibat.

Ditemui secara terpisah, Kepala Bawaslu Satriadi menyampaikan tujuan dan harapan kepada para pegawai di lingkungan Bawaslu yang mengikuti Bimtek. Ia mengatakan di era sekarang ini segala kegiatan aktivitas kelembagaan perlu diinformasikan ke publik/masyarakat.

“Kemudian publik ke masyarakat khususnya masyarakat Kalimantan Tengah perlu mengetahui aktivitas-aktivitas apa yang dilakukan oleh Bawaslu Prov. Kalteng. Tentunya untuk menyampaikan informasi-informasi tersebut sangat diperlukan dan dibutuhkan adalah jajaran staff, sekretariatan untuk terus menerus menginformasikan itu untuk ke publik,” ucapnya.

Untuk itu, lanjutnya, kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat diterapkan ilmunya di lingkungan Bawaslu sehingga staff Bawaslu dapat menyampaikan informasi dan berita yang berkualitas kepada masyarakat.

Pewarta : Haris Maulana pknews
Sumber. : Pemprov Kalteng

Redaksi Palangka News