HM. Hartopo Resmi Di Lantik Gubernur Jabat Bupati Kudus

HM. Hartopo Resmi Di Lantik Gubernur Jabat Bupati Kudus

Palangkanews.co.id | Kudus, 11/4/2021 Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo resmi melantik HM. Hartopo sebagai Bupati Kudus untuk sisa masa jabatan 2018-2023.

Sebelum menjabat sebagai Bupati Kudus, ia menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus selama satu setengah tahun lebih.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo juga melantik Mawar Hartopo sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus dan Ketua Dekranasda Kabupaten Kudus.

Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja dengan protokol kesehatan (prokes) ketat pada Jumat (9/4).

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) Kudus juga hadir dalam pelantikan tersebut. Sedangkan tamu undangan menyaksikan pelantikan secara virtual.

Bupati Kudus HM. Hartopo menegaskan, siap menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, melalui reformasi birokrasi. Menurutnya, reformasi birokrasi tentunya harus ditata sampai ke akar-akarnya.

Penataan birokrasi harus terus karena itu menunjang kinerja kita bersama untuk membangun Kudus. Kami bekerja sebagai abdi negara dengan pengabdian untuk membangun Kudus,” ujarnya.

HM Hartopo menambahkan, harus ada antisipasi serta edukasi terkait reformasi birokrasi dan revolusi mental. Selain itu, ia juga berpesan kepada para jajaran pejabat Kudus untuk mengubah pola pikir atau mindset dalam bekerja.

“Kita ini bekerja sebagai abdi negara. Mengabdi untuk mencari ibadah, bukan mencari sesuatu hal yang tidak sesuai aturan,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti terkait pembelajaran tatap muka yang sudah dimulai pada minggu ini. “Untuk sekolah sementara tatap muka kita bantu untuk simulasi, insyaallah nanti kita perketat di dalam PTM,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, HM Hartopo juga menjelaskan terkait permasalah yang menjadi fokusnya di Kudus, diantaranya terkait lahan hijau.

Menurutnya, lahan hijau di Kota Kretek semakin menipis. Untuk itu, perlu upaya untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Untuk hal ini supaya cara menjabarkannya bagaimana kita menindaklanjuti ketika ada bagunan bangunan liar. lahan hijau mempunyai fungsi vital dalam kelestarian lingkungan dan mitigasi bencana,” urainya.

Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan pesan khusus kepada Bupati Kudus tentang penyelenggaraan pemerintahan yang bersih. Pihaknya meminta agar Pemkab Kudus melakukan reformasi birokrasi secara menyeluruh.

“Kalau mau berdikari dalam bidang ekonomi, didukung dengan birokrasi bersih, pasti akan melaju kencang. Karena yang mau investasi tidak akan merasa dipersulit,” jelasnya.

Selain itu, dirinya juga memacu pemulihan ekonomi di Kabupaten Kudus. Ganjar mengapresiasi inovasi dalam ekonomi kreatif yang sudah ditonjolkan Kabupaten Kudus.

Maka dari itu, pihaknya meminta peningkatan Sumber Daya Manusia supaya terus ditingkatkan.

Puji Sumono
Kaperwil Jateng

Redaksi Palangka News