Henry Dorong Pemda Optimalkan Potensi Daerah Dalam Menghadapi Nilai Dinamika Ekonomi  Global

Henry Dorong Pemda Optimalkan Potensi Daerah Dalam Menghadapi Nilai Dinamika Ekonomi  Global

Palangkanews co.id // Palangka Raya – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah, Henry M. Yoseph mendorong kepada pemerintah daerah, untuk mengoptimalkan potensi daerah dalam menghadapi dinamika ekonomi global.

Ia mendorong pentingnya adaptasi terhadap perubahan global, pemanfaatan potensi lokal, dan pengembangan sektor ekonomi yang berdaya saing, sebagai strategi untuk memperkuat posisi Kalimantan Tengah di panggung ekonomi global.

“Dalam era yang terus berubah, adaptasi terhadap perubahan global, pemanfaatan potensi lokal secara optimal, dan pengembangan sektor ekonomi yang berdaya saing menjadi kunci untuk memperkuat posisi Kalimantan Tengah dalam kancah ekonomi global yang kompetitif,” katanya, kamis (04/07/2024).

Henry menyebut, perlunya terobosan inovatif dalam pengembangan sektor ekonomi lokal, promosi investasi asing di daerah, dan peningkatan kerjasama antarnegara untuk memperluas pasar. Dia juga memperjuangkan implementasi kebijakan yang mendukung enterpreneurship, dukungan pada industri kreatif, serta insentif bagi pelaku usaha dalam menjawab tantangan ekonomi global.

“Dengan fokus pada mengoptimalkan potensi daerah, kita membuka peluang bagi Kalimantan Tengah untuk bersaing di tingkat global. Melalui terobosan inovatif dalam pengembangan sektor ekonomi lokal, promosi investasi asing, dan peningkatan kerjasama antarnegara, kita menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan memperluas potensi pasar. Implementasi kebijakan enterpreneurship, dukungan pada industri kreatif, serta insentif bagi pelaku usaha akan menjadi langkah kunci dalam menavigasi dinamika ekonomi global yang terus berubah,” imbuhnya.

Iapun juga mendorong pentingnya pembinaan kemampuan SDM lokal, pelatihan keterampilan sesuai kebutuhan industri global, dan penguatan konektivitas infrastruktur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dia yakin bahwa dengan fokus pada pengembangan potensi daerah, Kalteng akan mampu memiliki daya saing yang tinggi dan kontribusi yang signifikan dalam perekonomian global.

“Dengan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat lokal, kita dapat mengoptimalkan potensi daerah dalam menghadapi dinamika ekonomi global. Melalui pembinaan kemampuan SDM lokal, pelatihan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri global, dan penguatan konektivitas infrastruktur, kita menciptakan ekosistem ekonomi yang berkelanjutan, berkembang, dan berdaya saing di panggung ekonomi global. Melalui langkah-langkah strategis ini, Kalimantan Tengah akan terus berkontribusi secara positif dalam dinamika ekonomi global,” tegasnya.

publikasi. : Titin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News