Hamka Asisten Pemprov Kalteng Buka Acara FKPKU Tahap II 2020

Hamka Asisten Pemprov Kalteng Buka Acara FKPKU Tahap II 2020

Palangkanews.co.id | Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Hamka mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri sekaligus membuka acara Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Tahap II Prov. Kalteng Tahun 2020 secara virtual, di Aula Eka Hapakat kantor Gubernur Kalteng, Rabu (26/08/2020).

Acara ini dihadiri oleh Deputi Direksi Wilayah Kaltim, Kalteng, Kalsel, dan Kaltara Prio Hadi Susatyo serta Asisten Deputi Bidang PKKC Kedeputian wilayah Kaltimtengseltara Phindo Bagus Dharmawan sebagai narasumber.

Dalam sambutannya Deputi Direksi Wilayah Kaltimtengseltara Prio Hadi Susatyo mengatakan bahwa sekitar 86 persen masyarakat Kalteng telah menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan 54 persen pembiayaannya dibiayai oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Ini membuktikan bahwa peran Pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan juga telah ikut berperan aktif dalam penanganan wabah Covid-19 di Kalteng, dimana BPJS telah menerapkan protokol kesehatan baik dikantor dan ketika dalam melayani masyarakat. BPJS juga telah menggulirkan program relaksasi atau keringan pembayaran, supaya dapat meringankan masyarakat khususnya peserta mandiri agar bisa memanfaatkan JKN-KIS.

Sementara itu, Hamka dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemprov. Kalteng selalu mendukung dalam meningkatkan peserta JKN-KIS di Kalteng.

“Dalam hal ini kami tetap menghimbau kepada masyarakat melalui Kepada Desa agar semua masyarakat bisa mengikuti JKN-KIS”, tutur Hamka.

Hamka juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS karena telah menerapkan relaksasi dengan memberikan keringan pembiayaan sehingga bisa membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Ini suatu langkah yang luar biasa dari BPJS untuk memberikan keringanan dan kemudahan kepada masyarakat untuk bisa mengikuti terus program BPJS, sehingga mereka bisa merasa lebih aman dan tenang karena ada keringanan-keringanan yang dilakukan oleh BPJS”, imbuhnya.

Lebih lanjut Hamka menyampaikan bahwa pihak Pemprov Kalteng siap mendukung hal-hal mengenai regulasi yang mendukung kegiatan BPJS agar lebih maju dan tetap dipercaya oleh masyarakat Kalteng. Diharapkan program BPJS bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas secara keseluruhan se-Kalteng.

Acara tersebut diisi dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Asisten deputi bidang PKKC kedeputian wilayah Kaltimtengseltara serta dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Dalam acara tersebut turut hadir sejumlah Kepala perangkat daerah terkait, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan, serta hadir secara terpisah Kepala Cabang BPJS Sampit dan Kepala Cabang Muara Teweh.

Pewarta : Tim Lusa + Nur
Sumber : Humprovkakteng
Ed)Ad. :. Syaiful

admin

admin