H.ABD.RASYID : Keselamatan dan Kesehatan Jemaah Haji Jadi Alasan Utama

H.ABD.RASYID : Keselamatan dan Kesehatan Jemaah Haji Jadi Alasan Utama

Palangkanews.co.id || Barito Selatan – Pembatalan penyelenggaraan ibadah haji oleh Kementerian Agama (Kemenag) didasari niat pemerintah untuk melindungi keselamatan dan kesehatan jemaah haji. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih melanda berbagai belahan dunia.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid ketika diwawancarai usai hadir dalam kegiatan Jagong Masalah Umrah dan Haji (Jamarah) di Buntok, Barito Selatan, Senin (21/6/2021). Menurutnya, pemerintah memiliki pandangan bahwa pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia dan berbagai negara lainnya masih belum terkendali.

“Sehingga jika penyelenggaraan ibadah haji tetap dilakukan, maka dapat mengancam kesehatan jemaah haji,” ucapnya.

Di depan sejumlah insan pers, H. Abd. Rasyid menambahkan, pertimbangan yang sama kemudian diambil oleh pemerintah Arab Saudi. Mereka pun membatasi penyelenggaraan ibadah haji hanya bagi warga negara setempat dan warga asing yang tinggal di negara itu, dengan sejumlah syarat ketat yang menyertainya.

“Dan pemerintah Arab Saudi pun mempertimbangkan bahwa keselamatan dan kesehatan jemaah haji menjadi hal utama sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dibatasi hanya untuk warga negara Arab Saudi dan ekspatriat yang telah bermukim di negara itu. Bukan jemaah haji yang datang dari luar Arab Saudi,” beber H. Abd. Rasyid.

Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang turut mensosialisasikan kebijakan pemerintah itu. Berdasarkan informasi dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah, mayoritas jemaah haji dapat memahami dan menerima keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama.

“Alhamdulillah masyarakat dapat memahaminya, ini tentu salah satunya ditunjang oleh pemberitaan dari rekan-rekan wartawan,” ujar H. Abd. Rasyid.

Pewarta. : Hadiboy
Sumber : Kemenag Kalteng

Redaksi Palangka News