Gugatan 4 OA Kalsel terhadap DPN P3HI berlangsung Mediasi

Gugatan 4 OA Kalsel terhadap DPN P3HI berlangsung Mediasi

Kalsel – PENGADILAN Negeri Banjarmasin kembali menggelar sidang gugatan puluhan advokat yang mengaku perwakilan dari empat Organisasi Advokat Himpunan Advokat Pengacara Indonesia (HAPI), Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI), Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN)), Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) dengan mengatasnamakan diri Tim Penyelamat Profesi dan Etika Advokat terhadap keberadaan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) yang berdomisili di Kalimantan Selatan.

DALAM sidang-sidang yang dilaksanakan sebelumnya, pihak tergugat, yakni DPN P3HI dua kali tidak menghadiri persidangan di Pengadilan Negeri Banjarmasin.

Dalam agenda sidang ketiga pada Selasa (14/1/2020), yakni mediasi kedua belah, yaitu pihak Penggugat dan Tergugat kedua-duanya berhadir. Dalam sidang ini, Aspihani Ideris selaku Ketua Umum P3HI tidak terlihat kehadirannya, hanya dikuasakan dan diwakili kepada Anggota Advokat P3HI sendiri selaku Kuasa Hukumnya, yakni dihadiri tiga orang, Hindarno Abbas SH, Gerardus Wido Rengo SH, dan M Hafidz Halim SH. Sedangkan dari pihak penggugat terlihat hanya dihadiri oleh Taufik Hidayah SH MH dan Bujino A Salan SH MH.

Ketua Umun P3HI Aspihani Ideris melakukan perlawanan atas gugatan puluhan advokat senior Kalsel, Abdulah SH bersama advokat senior lainya, seperti M Sabri Noor Herman SH MH, Yohanes Lie SH MM, Taufik Hidayah SH MH, Geman Yusuf SH MH, M Rusmadi SH, Wanto A Salan SH MH, Robert Hendra Sulu SH MH, Yanuaris Frans SH MH, M Taufik SH, B Doni SH, Noor Dachliynie Adul SH MH, Kusman Hadi SH MH, H Edy Sucipto SH MH, Syahrani SH MH, dan Bujino A Salan SH MH dan advokat senior Kalsel lainnya.

Ketua Umum P3HI H Aspihani Ideris SAP SH MH mengatakan, pihaknya mengirim tiga orang anggotanya untuk melayani gugatan Advokat senior di Kalsel.

“Ya kita hadir dalam sidang gugatan para Advokat Senior Kalsel ini, dan untuk menghadapi mereka pada sidang ketiga ini cukup tiga orang saja kami utus. Nggak usah terlalu banyaklah, cukup tiga orang advokat P3HI saja dan Insya Allah advokat P3HI tersebut mampu menghadapi sidang ketiga ini,” ucap Aspihani Ideris saat di hubungi wartawan via telepon, Selasa (14/1/2020).

Diketika ditanya oleh wartawan mengapa Ketua Umum P3HI tidak hadir dalam sidang ketiga di Pengadilan Negeri Banjarmasin, Aspihani menjawab bahwa dirinya saat ini berangkat ke Samarinda dalam rangka menghadiri pelantikan advokat P3HI di Kalimantan Timur.

“Kami lagi memperlebar jaringan secara nasional, Kamis ini saya akan melantik advokat di Kaltim, dan berikutnya saya akan melantik advokat di daerah lainnya seperti di Jawa Tengah, Maluku, NTT, Jawa Barat, Jakarta, Banten dan beberapa di daerah lainnya di Indonesia. Do’akan saja semoga saya selalu disehatkan badan dalam mengharumkan nama Kalimantan Selatan,” ujar tokoh pergerakan Kalimantan juga dosen Fakultas Hukim UNISKA ini mengatakan kepada wartawan lewat mobilenya seraya mengakhiri pembicaraannya.

Terlihat sidang mediaai sedang berlangsung antara penggugat dan tergugat. Dalam mediasi tersebut di tengahi oleh Hakim mediasi Afandi Widarijanto. Ia menyatakan mediasi akan dilanjutkan pada Selasa (21/1/2020) mendatang.(red)

admin

admin