Gubernur Peringatan HUT ke-11 Gerdayak Indonesia, Dihadiri Staf Ahli

Gubernur Peringatan HUT ke-11 Gerdayak Indonesia, Dihadiri Staf Ahli

Palangkanews.co.id || Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri Hari Ulang Tahun ke-11 Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia, bertempat di Mompleks Betang Hapakat Jl. RTA Milono, Palangka Raya, Sabtu (29/5/2021).

Kegiatan ini mengusung Tema “ Merawat Keragaman Masyarakat Dayak Dengan Falsafah Budaya Huma Betang”.



Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan Pemprov. Kalteng mengapresiasi pelaksanaan Peringatan HUT Ke-11 Gerdayak Indonesia Tahun 2021.

Sebagaimana diketahui, Peringatan Hari Ulang Tahun ke-11 Gerdayak dirangkai dengan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang, syukuran, silaturahmi antara ormas-ormas Dayak, Lomba Bela Diri Tradisional Dayak, Lomba Sastra Lisan Dayak, Workshop dan seminar.

Hal ini membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan rasa kesadaran Berbangsa, Kebersamaan sosial yang tumbuh dari kebudayaan, sejarah dan aspirasi perjuangan masa lampau, serta kebersamaan dalam menghadapi tantangan global saat ini dan mengembangkan perilaku sebagai bangsa yang meyakini Nilai-nilai budayanya yang akhirnya membentuk karakter bangsa.

“Pada kesempatan ini, atas nama masyarakat dan jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan Selamat kepada Pengurus Gerdayak Indonesia, saya berharap agar segenap pengurus serta peserta mampu membangun suasana harmonis dan demokratis dengan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan dalam falsafah Huma Betang, persatuan dan kesatuan, sehingga kegiatan ini dapat menghasilkan suatu rumusan keputusan/rekomendasi yang produktif sebagai bahan masukan kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan para pemangku kepentingan lainnya”, tutur Yuas Elko.

“Dengan demikian potensi konflik dalam masyarakat dapat diminimalisir, serta dapat bersinergi dengan Pemerintah sebagai mitra dalam percepatan Pembangunan di segala bidang”, imbuhnya.

Yuas Elko berharap agar pengurus bersama dengan masyarakat memberikan kontribusi dalam pembangunan bagi kepentingan Bangsa dan Negara serta masyarakat Kalteng. Yuas Elko juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kalteng pada umumnya serta ormas dayak dan Gerdayak pada khususnya atas kerja keras dan dukungannya pada Pilkada Kalteng Tahun 2020.

“Dukungan dan kerja keras tersebut tidak dapat saya balas satu persatu, tetapi kami akan memberikan Kinerja yang terbaik bersama-sama dengan masyarakat serta seluruh komponen Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kalteng Semakin Berkah”, tandas Yuas Elko.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-11 Gerdayak dihadiri secara khusus oleh Ketua Dewan Adat Dayak H. Agustiar Sabran, Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri, unsur Forkopimda serta Tokoh Adat.

Pewarta. : Haris
Sumber. : Liputan pknews

Redaksi Palangka News