Gubernur Kalteng Tinjau Kawasan Food Estate di Desa Tewei Baru, Gunung Mas

Gubernur Kalteng Tinjau Kawasan Food Estate di Desa Tewei Baru, Gunung Mas

Palangkanews.co.id | Gunung Mas – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Gunung Mas, yang merupakan rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Selasa (02/02/2021). Kunker Gubernur di Kabupaten Gunung Mas dalam rangka meninjau kawasan Food Estate di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang Kabupaten Gunung Mas.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melalui Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto telah mempercayakan ketahanan pangan Komoditi singkong di kabupaten Gunung Mas untuk mendukung program Food Estate.

Gubernur Kalteng Tinjau Kawasan Food Estate di Desa Tewei Baru, Gunung Mas
Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran saat meninjau langsung lokasi pembangunan dan pengembangan Komoditi singkong di Desa Tewei Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas

Disela-sela kunjungannya, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengatakan saat Rapat bersama Presiden, Gubernur menyatakan bahwa Pemprov. Kalteng siap ditunjuk dan dipercayakan menjadi lokasi Food Estate.



Akhirnya Presiden mempercayakan kepada Kalimantan Tengah, ucap H. Sugianto Sabran .

H. Sugianto Sabran mengutarakan saat mengunjungi proyek percontohan Food Estate di beberapa titik diantaranya di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Desa Terusan, Kecamatan Bataguh dan Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas mengatakan bahwa pembangunan dan pengembangan food estate di wilayah tersebut berjalan dengan baik dan tidak ada masalah bahkan di Desa Belanti Siam sendiri, tanaman padinya sudah bisa dipanen pada minggu ketiga di Bulan Februari 2021 ini.

“Alhamdulilah isu-isu miring yang dikabarkan di media-media online tersebut tidak benar, setelah saya melihat secara langsung” tandas H. Sugianto Sabran.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai berencana untuk mengundang Presiden RI dan jajarannya untuk panen perdana di Desa Terusan, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Hal senada disampaikan oleh Camat Sepang Sayusdi yang mengatakan lahan singkong yang sudah siap ditananm di Kabupaten Gunung Mas selus 537 Hektar.

“Berdasarkan informasi di lapangan luasan wilayah food estate yang sudah dipersiapkan sebesar 537 hektar”, ucap Camat Sepang Sayusdi.

Sayusdi berharap Food Estate di Kabupaten Gunung Mas dapat berjalan dengan baik dan juga masyarakat setempat dapat ikut berpartisipasi mensukseskan program Food Estate ini.

“Harapan kami dengan adanya program food estate, berdampak besar bagi kami, pembangunan infrastruktur, lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi. Dengan harapan proyek ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan terutama untuk masyarakat lokal bisa ikut berpartisipasi dalam mengelola kegiatan proyek ini sehingga apa yang diharapkan terutama oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas bisa terwujud khususnya untuk penyiapan ketahanan pangan”, tambah Sayusdi.

Camat Sepang Sayusdi selaku dari pihak Pemerintah Kecamatan Sepang menyambut baik apa yang menjadi program Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pertahanan RI yang mempercayakan kegiatan pembukaan lahan food estate di Kecamatan Sepang.

Sementara itu, Gubernur Kalteng mengungkapkan, program food estate khususnya singkong di Gunung Mas, menunjukkan perhatian serius Pemerintah Pusat kepada Kalteng.

“Peluang ini, harus dimaknai sebagai upaya untuk mensejahterakan rakyat Kalteng”, pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Gubernur diantaranya Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Komandan Korem (Danrem) 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto dan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng Sutoyo. Hadir dari Pemerintah Kabupaten Gunung Mas yakni Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong beserta unsur Forkopimda setempat.

Pewarta. : Iswanto pknews Gumas
Sumber. : MCPK/ Liputan pknews

Redaksi Palangka News