GUBERNUR KALTENG MINTA DUKUNGAN WAPRES RI K.H. MA’RUF AMIN 

GUBERNUR KALTENG MINTA DUKUNGAN WAPRES RI K.H. MA’RUF AMIN 

palangkanews co.id ” Kalteng – Masyarakat belahan Provinsi Kalimantan Tengah bagian barat mendambakan pemekaran wilayah Kalimantan menjadi provinsi baru yang sudah lama di usulkan. Isu pembentukan daerah otonomi baru (DOB) baik tingkat kabupaten ataupun Provinsi terus berhembus diseluruh wilayah di Indonesia.3/11/2023.

Salah satunya adalah di Pulau Kalimantan yang sudah ada usulan pembentukan provinsi baru.

Seperti diketahui pulau Kalimantan atau Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia.

Pulau Kalimantan dibagi menjadi negara dimana Indonesia adalah 73 persen, Malaysia 26 persen dan Brunei hanya 1 persen

Saat ini di pulau Kalimantan sudah ada 5 provinsi.

Kelima provinsi tersebut yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah.

Namun akhir-akhir ini ada usulan untuk pembentukan provinsi baru di pulau borneo ini. Usulan nama Provinsi Baru Kotawaringin Raya, di dukung enam (6) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Saruyan, Lamandau dan Kabupaten Sukamara.

Masyarakat wilayah barat mendambakan pemekaran provinsi baru pecahan Provkalteng, salah warga kecamatan Kotawaringin lama Gusti Harsani menuturkan kami warga disini mendukung dan mendambakan adanya provinsi baru wilayah barat agar pembangunan bisa merata sampai kepelosok  pedalaman, wisata kami ada, perkebunan udah banyak, pantai ada di empat kabupaten, pendidikan cukup pertanian cukup ada pelabuhan besar kecil ada semua tinggal persetujuan para petinggi di DPR RI dan Presiden Jokowi aja, ” Tutur Gusti Harsani pada media ini.

Hal yang sama dalam kutipan laman Setda.Kalteng.go.id Gubernur Sugianto Sabran mengharapkan dukungan dari Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K.H. Ma’ruf Amin.

Pewarta. : Tim / Red Pknews 

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News