Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran di Sukamara Ranch

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran di Sukamara Ranch

Palangkanews.co.id | Sukamara – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan Peninjauan di Sukamara Ranch, Kabupaten Sukamara, Selasa (23/02/2021). Gubernur H. Sugianto Sabran mengatakan pada kunjungan kerjanya di Kabupaten Sukamara kali ini, selain meninjau Kawasan peternakan, juga meninjau infrastruktur di Daerah Barat Kalteng diantaranya Kotawaringin Barat dan Sukamara.

H. Sugianto Sabran berkomitmen akan terus mendukung dan berkontribusi terhadap program Pemerintah Pusat yang mempercayakan Food Estate di Kalteng. H. Sugianto Sabran juga berkomitmen akan membantu Sukamara Ranch dari segi pendanaan.

“Saya menginginkan peternakan sapi di Sukamara Ranch ini menjadi proyek percontohan secara Nasional. Pada Bulan Maret mendatang, saya dan Bupati Sukamara akan menemui Menteri Pertanian, berharap agar peternakan sapi di Sukamara Ranch nantinya akan membantu menyuplai kebutuhan daging bagi daerah di luar Kalteng”, tutur H. Sugianto Sabran.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Hj.Sunarti saat dibincangi MMC mengatakan Sukamara Ranch meskipun dikembangan secara pribadi oleh Pengusaha asal Kalteng sendiri, peternakan ini terintegrasi dengan pengembangan sapi sawit. Sukamara Ranch merupakan perluasan dari PT. Sulung Ranch.

“Tentunya dengan adanya Sukamara Ranch ini kita dapat terbantu untuk pemenuhan stok daging Nasional”, ucap Hj.Sunarti.

“Tadi disampaikan Pak Gubernur pada saat Menteri pertanian melakukan kunjungan ke Sukamara Ranch kemaren kita diminta untuk mengirim ternak sebanyak 10.000 ekor ke DKI Jakarta, yang nanti ditindaklanjuti dengan MOU dengan Pemprov. DKI”, imbuhnya.

Hj.Sunarti mengatakan sapi yang diternakan di Sukamara Ranch diantaranya Brahman Cross, sapi Bali dan sapi-sapi peranakan lainnya.

“Kita memiliki Peraturan Gubernur Integrasi Sapi Sawit di Tahun 2018, saai ini di Tahun 2021 dari Peraturan Gubernur ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah. Dari Peraturan Daerah sudah bisa mengikat bahwa Perusahaan besar perkebunan wajib memelihara sapi”, jelas Hj.Sunarti

“Bisa dia sendiri, bisa dengan sistem plasma. Katakanlah dia tidak punya plasma sawitnya, tapi bisa plasma ternaknya. Tentunya dengan demikian, populasi sapi Kalteng akan bertambah dan bisa mencukupi daging secara Nasional”, pungkas Hj.Sunarti.

Hj.Sunarti berharap Kalteng bisa sebagai salah satu penghasil daging untuk Nasional. Gubernur Kalteng Tinjau Sukamara Ranch Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat melihat ternak sapi di Sukamara Ranch


Hadir secara khusus Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Prov. Kalteng Shalahuddin, Kepala Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov. Kalteng Ermal Subhan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Prov. Kalteng Sri Widanarni, Kepala Biro Umum Setda Kalteng Lisda Arriyana dan Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Rian Tangkudung, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Ahmad Syaifudi.

Dari Pemerintah Kabupaten Sukamara hadir Bupati Sukamara Windu Subagio, Wakil Bupati Sukamara H. Ahmadi beserta jajaran.

pewarta : Rajudin pknews Sukma
Sumber : WDY/Tomi/WN/mmcpkt

Redaksi Palangka News