Gelorakan Pilkada Sejuk Dan Damai, Tidak Saling Menghujat dan Menyebarkan Hoax

Gelorakan Pilkada Sejuk Dan Damai, Tidak Saling Menghujat dan Menyebarkan Hoax

Palangkanews.co.id | Dua pasangan Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng sepakat untuk saling bersaing secara sehat dan memberikan kesejukan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalteng 2020.

Usai menjalani tes kesehatan tahap kedua, Rabu (9/9/2020), sejak mulai pagi hingga siang jelang sore hari, kedua pasangan balon kepala daerah itu duduk bersama dan bertegur sapa.

Pada kesempatan jumpa pers usai pemeriksaan kesehatan, juga kedua pasangan balon kepala daerah itu sama-sama sepakat untuk mengajak masyarakat menggelorakan Pilkada yang sejuk dan damai.

Sesion jumpa pers dibagi menjadi dua tempat untuk menghindari kerumunan dan menggunakan protokol kesehatan.
H. Sugianto Sabran dan H. Edy Pratowo menyampaikan, bahwa tes fisik yang dilakukan oleh tim dokter, sudah mereka lalui dengan lancar.

“Alhamdulillah tes kedua ini berjalan lancar. Terima kasih tim dokter dan pihak penyelenggara atas pelayanannya, sehingga semua bakal calon menjalani pemeriksaan dengan lancar,” kata Sugianto Sabran.

Pria yang merupakan Gubernur petahana ini, juga mengajak seluruh masayarakat Kateng untuk menyukseskan Pilkada secara damai, aman, dan lancar, dengan bersama-sama saling berkampanye sehat serta tidak saling menghujat antar pasangan calon.

“Mari kita kampanyekan visi misi, tidak saling menghujat, atau menyebarkan hoax, saling ber-etika, untuk membangun Kalteng bersama-sama ke depannya agar lebih baik lagi. Pilkada kita aman, sejuk, damai dan lancar, demi kepentingan kita semua,” kata Sugianto Sabran.

Balon Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menambahkan, semua balon sudah mengikuti tahapan tes oleh KPU. Pihaknya mengajak agar kampanye dilakukan secara ber-etika dan berbudaya yang baik, serta menyejukkan.

“Kami juga berkomitmen bersama semua Parpol pendukung untuk melakukan kampanye ber-etika dan berbudaya. Sehingga menunjukkan Pilkada di Kalteng dengan sejuk, aman dan lancar,” kata Edy Pratowo yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Kabupaten Pulang Pisau.

Sementara di session jumpa pers berikutnya, pasangan balon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Ben Brahim.S Bahat-Ujang Iskandar, menyambut optimis pelaksanaan tes kesehatan ini. Tahapan tes itu telah mereka lalui dengan lancar.

“Kami optimis. Sejak beberapa bulan lalu, kami sudah berniat maju di Pilkada. Kami (saya),dengan Pak Ujang Iskandar kata Ben melanjutkan sudah membentuk tim, sudah siap dan sudah bergerak di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah. Kami juga mengajak semuanya untuk melaksanakan Pilkada dengan aman, damai, dan lancar. Intinya, kita semua bersaudara,” ucap Ben Brahim.

Didampingi Ujang Iskandar, Ben Brahim mengatakan, tahapan tes kesehatan selama dua hari telah dilalui dengan lancar, bahkan dilayani dengan baik. “Hari ini ada tes jantung, syaraf serta beberapa lainya yang sudah dijalani dgn jumlah item yg di test selama 2 hari ini sebanyakc16 item. Pengalaman kami sudah beberapa kali ikut tes ini, jadi sudah biasa,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, dr Yayu Indriaty mengatakan, tahapan tes ini dilakukan dua hari sesuai penunjukan dari KPU Kalteng untuk bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng. Semua hasilnya akan dilakukan rekapitulasi pada tanggal 10 September, dan tanggal 12 September 2020, akan diplenokan untuk kemudian diserahkan ke KPU Kalteng.

“Para bakal calon sebelumnya dilakukan tes swab, lalu mengikuti tahapan tes kesehatan di rumah sakit sesuai penunjukan KPU RI dengan tahapan-tahapan yang sudah diatur. Dokter spesialis yang terlibat sebanyak 28 orang, ditambah tenaga teknis, yang totalnya sebanyak 168 orang,” sudah seperti sebuah rumah sakit kecil kata Yayu kepada awak media dengan ramahnya.

Sementara itu dari pihak Kepolisian baik dari Polda Kalteng maupun Polresta Kota Palangkaraya mengawak tahapan pemeriksaan Test Kesehatan ini dengan protap yang ada.

Pewarta : Pathamsyah
Sumber : Liputan Langsung
Ed/Ad : Syaiful

admin

admin