Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Kecamatan Pangkalan Lada

Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik di Kecamatan Pangkalan Lada

Palangkanews.co.id || Kotawaringin Barat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan kegiatan pendidikan politik masyarakat di Kecamatan Pangkalan Lada. Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Pangkalan Lada pada Senin (29/3/2021) ini dibuka oleh Sekretaris Badan Kesbangpol Kobar, Edie Faganti.

Dalam sambutannya Edie Faganti mengatakan bahwa pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Jika dikaitkan dengan partai politik, pendidikan politik bisa diartikan sebagai usaha sadar dan tersistematis dalam mentransformasikan segala sesuatu yang berkenaan dengan perjuangan partai politik tersebut kepada massanya agar mereka sadar akan peran dan fungsi, serta hak dan kewajibannya sebagai manusia atau warga negara,” ujar Edie.

Ditambahkan Edie, sebagian besar masyarakat masih memiliki pemikiran bahwa politik dianggap menjadi penyebab beberapa permasalahan bangsa, tanpa menyadari bahwa setiap warga negara memiliki andil yang cukup besar dalam menentukan bagaimana perjalanan bangsa ini ke depan.

“Pelaksanaan demokrasi merupakan bagian dari perkembangan pemikiran masyarakat di dalam proses politik untuk menentukan perjalanan bangsa ini ke depan,” tuturnya.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkembangkan serta menguatkan sikap politik di kalangan masyarakat (penduduk) secara umum (menyeluruh), atau bagian-bagian dari penduduk, atau melatih rakyat untuk menjalankan peranan-peranan politik, administratif, judisial,” pungkas.

Narasumber sosialisasi ini adalah KPU Kobar, Bawaslu Kobar, Polres Kobar dan Badan Kesbangpol Kobar sendiri. Sedangkan peserta sosialisasi berasal dari tokoh masyarakat di Kecamatan Pangkalan Lada.

Pewarta : Sahrudin pknews Kobar
Sumber : kesbangpol kobar Diskominfo Kobar.

Redaksi Palangka News