Gebrakan Pj. Bupati Barito Selatan, Tiga Program Launching Inovasi, MMC, Apa itu Simak Beritanya

Gebrakan Pj. Bupati Barito Selatan, Tiga Program Launching Inovasi, MMC, Apa itu Simak Beritanya

Palangkanews.co.id # Buntok – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, lakukan gebrakan tiga program Launching Inovasi. Multimedia (MMC) Call Center, Itah Lapor dan Soft Launching SI-Duta Tahun 2023. Bertujuan guna untuk mempermudah masyarakat menyampaikan dan memberikan informasi dalam laporan masyarakat bisa melalui MMC alat kebijakan Pemerintahan Kabupaten Barito Selatan.

Tiga program MMC ini adalah wadah untuk komunikasi dan publikasi serta informasi dalam pemberitaan Itah Lapor melalui SI- Duta, SMS/WA/Telegram dengan nomor WA. 0821-7007-0508.

Pertama, kami yakin masyarakat akan memahami. Apa  guna MMC Barsel? 

“Itu adalah wadah untuk komunikasi dan publikasi serta informasi pemberitaan kegiatan – kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel, melalui tiga program MMC, Itah Lapor tersebut, dengan nomor WA itu sudah kami tugaskan dibawah Link sektor Asisten I Pak Yoga, ” kata Pj Bupati Barsel Dr.H. Deddy Winarwan, S., STP., M.,Si, kepada media ini Senin (10/7/2023).

Selanjutnya yang Kedua. Itah Lapor (Kita Lapor) konsep pengaduan ini jualah  kehadiran kami.

Sehingga membuat kami galau, begitu kami masuk pasar kami bertanya. 

(Kalau masyarakat mau mengado kemana)? 

“Ke Kebupaten kah.! langsung dijawab mereka, ” ujar H. Deddy sambil tersenyum.

Padahal kita harusnya punya satu hautlence call center.  Apa pun namanya yang mudah bisa membuat rekan – rekan media dan LSM maupun warga masyarakat termasuk rekan – rekan Forkopimda untuk berkonsultasi dengan masyarakat. 

“Sehingga kami coba dengan program jaguan Itah Lapor. Artinya kita lapor ini, ” imbuh  H. Deddy.

Kami juga mengimbau kepada warga masyarakat apabila ada hal – hal yang perlu di laporkan ke Kabupaten, silahkan melalui WA tersebut, dan WA itu sudah kami tugaskan dibawah Link sektor Asisten I Pak Yoga, di Pemda setempat.

Kita akan siapkan albesnya kita akan sediakan petugasnya, yang akan mengawal call center dimaksud, dan akan rekapitulasi apa saja usulan, pertanyaan saran, dan masukan kritik, bekerja dengan alat kebijakan Pemkab Barsel. 

Kemudian program yang Ketiga adalah. (Si-Duta) hanyalah satu program untuk memudahkan pelayanan kependudukan sampai ketingkat RT dan RW, berbasis android, tentu saja mungkin ada kendala beberapa desa kita belum teralir listrik, dan di beberapa desa kita belum punya daya listrik.

Tapi minimal di desa – desa yang sudah masuk daerah listrik dan memiliki daya jaringan internet maka Si- Duta berbasis besar kita gunakan, ini merupakan salah satu wujud pemerintah jajaran Forkopimda hadir untuk masyarakat.

Kalau kita ingatkan tujuan otonomi daerah itu yang perlu diprioritaskan.

“Pertama. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat itu dulu kita selesaikan, ” tegasnya.

Baru langkah yang ke dua untuk mencapai itu dengan memperbaiki layanan publiknya.

Selanjutnya langkah yang ketiga. Siapa yang berkelakuan baik maka kita tingkatkan desa daerahnya, inovasi – inovas program meningkatkan PAD.

“Karena kurangnya PAD bagi Kabupaten juga bisa berdampak peningkatan pendapatan bagi masyarakat, ” ujar H. Deddy.

Disamping itu juga Anggota komisi I DPRD Barsel Ir. Rahmato Rahman dari fraksi GDAK menambahkan, kami dari Anggota DPRD Barsel sangat mengapresiasi melihat inovasi Pj Bupati yang luar biasa pengurusan program ini, dan ini merupakan hal yang sangat ditunggu – tunggu oleh masyarakat. 

Karena selama ini masyarakat mau mengadu kemana? Kadang – kadang kita ke DPRD juga hanya sebagian yang disampaikan, sedangkan kita hanya mengadvokasi, namun untuk pelaksanaan eksekusi adalah di Pemerintahan.

“Sungguh luar biasa, kami DPRD setempat sangat mengapreasi pelaksanaan Bapak Pj Bupati dengan adanya program ini, ” tutupnya.

Pewarta : H. Assjian

Sumber : Dr.H. Deddy Winarwan, S.,STP.,M.,Si, dan Ir. Rahmato Rahaman

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News