Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD 2019 – 2024

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD 2019 – 2024

Palangkanews. Co.id || Kuala Kurun, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD 2019 – 2024 bertempat di Aula Bappedalitbang, Kamis (30/4/2021) kemaren.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda penting dalam Tahun Anggaran 2021 ini, dimana RPJMD merupakan acuan dasar kita bersama dalam melaksanakan program-program pembangunan selama lima tahun kedepan, untuk itu kami memberikan apresiasi kepada Tim Penyusun Perubahan RPJMD dimana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan sebagai koordinator Tim penyusunan dokumen Perubahan RPJMD ini.



Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing, Sekretaris Daerah Kab. Gumas Yansiterson, Kepala BAPPEDALITBANG Yantrio Aulia, dan diikuti oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas.

Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menyatakan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari visi-misi dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD dan memperhatikan RPJM Nasional.

Memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi Pembangunan daerah, kebijakan umum, program Perangkat Daerah, dan program Kewilayahan disertai dengan rencana-rencana kerja dalam Kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat Indikatif, serta sinergi dengan kebijakan Pemerintah Pusat.

“Saya sangat berharap pada para peserta agar berpartisipasi aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran dalam penyempurnaan dokumen sebelum ditindaklanjuti pada tahap pelaksanaan selanjutnya oleh tim penyusun,” ucap Jaya Samaya Monong.

Oleh karenanya Perubahan RPJMD memberikan kita kesempatan untuk mempertegas kembali Tujuan, Strategi serta Arah Kebijakan Pembangunan yang telah kita susun sebelumnya. Titik penting dalam penyusunan Perubahan RPJMD ini adalah bagaimana dokumen ini menjadi kebutuhan terhadap ketersediaan rencana pembangunan daerah yang adaptif, inovatif dan mampu menjawab fakta permasalahan yang ada.

Jaya Samaya Monong menuturkan Perubahan RPJMD menjadi hal yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan Visi Gunung Mas 2024, yaitu “Terwujudnya Kabupaten Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Mandiri” (BERJUANG BERSAMA).

Untuk mencapai Visi tersebut, diharapkan setiap Perangkat Daerah dapat menerjemahkan kembali ke dalam program, kegiatan dan sub kegiatan pada dokumen Perubahan Rencana Strategis (Renstra).

“Saya menyadari penyusunan Perubahan RPJMD dan Renstra ini tidaklah mudah, karena waktu yang singkat dan padatnya agenda rutinitas kita, namun demi terwujudnya tata kelola pemerintah yang baik maka dokumen yang berkualitas merupakan suatu hal tidak bisa ditawar lagi,” jelasnya.

Kami menyadari bahwa keberhasilan pelaksanaan kebijakan dan agenda pembangunan Kabupaten Gunung Mas hanya dapat terwujud atas dukungan semua Pemangku Kepentingan.

Untuk itu kami berharap melalui Forum Konsultasi Publik ini dapat terumuskan penyempurnaan Rancangan Awal Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024 dan dapat berimplikasi pada peningkatan capaian, tujuan serta target pembangunan dan laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gunung Mas.

Sementara Itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Gunung Mas Yantrio Aulia melaporkan, tujuan Pelaksanaan Forum ini Untuk mendapatkan masukan penting dan saran dalam rangka penyempurnaan terhadap Rancangan Awal Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024.

Adanya kesepahaman terhadap permasalahan pembangunan dan isu strategis daerah Adanya penyempurnaan terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan Daerah.

Narasumber Anggota DPRD, Perangkat Daerah, LSM yang bekerja dalam skala Kabupaten, Tim Penyusunan Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024, Tim Penyusunan Renstra Perangkat Daerah, Panitia/Tim Anggaran Eksekutif maupun Legislatif.

Peserta adalah : Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama di lingkup Kabupaten Gunung Mas.

Pewarta. : Hendra pknews Gumas
Sumber. : Diskominfosantikgumas

Redaksi Palangka News