Edi Raya Samsuri Bupati Barsel, Kades Dengarkan Keluhan Masyarakat nya

Edi Raya Samsuri Bupati Barsel, Kades Dengarkan Keluhan Masyarakat nya

Palangkanews.co.id | Barsel – Pada saat kegiatan Musrenbangdes di Desa Malitin Kecamatan Karau Kuala, yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Barito Selatan H. Edy Raya Samsuri, ST, didampingi Wakil Bupati, Kajari Buntok, Forkopimda, SOPD, juga pihak kecamatan dan beberapa Kades dan BPD, dimana orang nomor satu di Barsel itu sentil keras para Kades agar lebih sensitif dan mau mendengarkan (10/02/2021). Dipublikasi 11/2/21

Dalam sentilnya, H. Edy Raya sapaan akrab Bupati Barito Selatan menghimbau agar para Kades dan BPD, lebih sensitif dan atau lebih peka lagi dengan permasalahan desa, jangan sampai masalah-masalah yang tadinya kecil dan sangat mudah diatasi, justru menjadi polemik atau menjadi masalah besar, lantaran Kades sebagai garda terdepan dalam pembangunan, tidak mau mendengar keluh kesah masyarakatnya, ungkapnya.

Karena apabila para Kades itu tidak sentisitif, justru desa dan masyarakat itu sendiri yang akan rugi dengan sikap seperti itu, contohnya masalah fasilitas tenaga kesehatan ataupun tenaga guru yang kurang memadai di desa dan tidak mendapat perhatian dari Pemdes, dalam hal ini Kades, akibatnya tenaga kesehatan dan atau guru-guru yang bertugas di desa tersebut, pasti akan mengeluh dan merasa tidak nyaman, tidak betah dalam bertugas, hingga akhirnya muncul keinginan untuk pindah tugas, nah bila hal tersebut terjadi, kan yang rugi masyarakat di desa itu sendiri, sebut H. Edi Raya menjelaskan seraya memberi contoh.

Dan saya juga mempertanyakan desa itu sendiri, apabila tidak bisa mengatasi permasalahan-permasalahan sepele atau hal-hal kecil yang terjadi di desa, jadi patut dipertanyakan apakah desa tersebut desa miskin, desa tertinggal bahkan tidak layak untuk menjadi sebuah desa, tegur Edi keras.

Makanya saya berharap, agar para Kades bisa lebih jeli dan sensitif lagi terhadap permasalah-permasalahan yang ada di desa, andaipun tidak bisa diatasi oleh Pemdes, silahkan melapor ke pihak kecamatan atau ke pemerintah kabupaten melalui instansi terkait, agar permasalah-permasalahan tersebut cepat teratasi, pungkas Edi Raya Samsuri mengakhiri kata Sambutannya.

Pewarta : Red. Pknews Barsel
Sumber : Tim TM-SIK/H. Indra Sy. Ikat/Vhivi S. Sy. Ikat/pknews boy

Redaksi Palangka News