DZIKIR DAN DOA BERSAMA PONPES SE-KALTENG SECARA VIRTUAL, DiHADIRI WAGUB KALTENG.

DZIKIR DAN DOA BERSAMA PONPES SE-KALTENG SECARA VIRTUAL, DiHADIRI WAGUB KALTENG.

Palangkanews.co id / Wakil Gubernur (Wagub) H. Edy Pratowo menghadiri acara Dzikir Bersama Pondok Pesantren (Ponpes) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) se-Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui konferensi video dari Ruang Rapat Wagub, Kompleks Kantor Gubernur, Kota Palangka Raya pada Selasa (28/9/2021) malam.

Acara Dzikir dan Doa Bersama yang digelar secara virtual ini turut dihadiri oleh Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Kalteng H. Noor Fahmi. Acara ini diikuti pula oleh para kyai, ustadz/ustadzah, dan santri pondok pesantren, serta jajaran ASN Kementerian Agama se-Kalteng.

Dalam sambutannya, H. Noor Fahmi menjelaskan bahwa Kemenag Kalteng telah melaksanakan beberapa kegiatan Dzikir Bersama Virtual dalam rangka keselamatan bangsa Indonesia dan masyarakat Kalteng, terutama dari pandemi COVID-19. Acara Dzikir kali ini juga merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Santri Tahun 2021.

“Secara terus-menerus kita akan terus mendoakan keselamatan dan kesehatan bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Dan, malam hari ini Kalimantan Tengah Berdzikir juga dilaksanakan dalam rangkaian Peringatan Hari Santri Tahun 2021,” terang Kakanwil Kemenag Noor Fahmi.

Sementara itu, membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Wagub Edy Pratowo mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan Dzikir Bersama oleh Kanwil Kemenag Kalteng. Keberhasilan penanganan COVID-19, selain memerlukan ikhtiar lahiriah, tentunya juga harus diiringi ikhtiar batiniah dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa.

“Saya menyambut baik dan berterima kasih kepada Jajaran Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah yang secara konsisten melaksanakan kegiatan seperti ini. Saya juga berterima kasih kepada seluruh pondok pesantren yang terlibat dalam Dzikir Bersama pada malam hari ini. Saya yakin, Insya Allah, keberkahan akan menaungi Kalimantan Tengah dan Indonesia,” ungkap Wagub.

Disampaikan pula bahwa, di samping menghadapi pandemi COVID-19, sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah juga dilanda bencana banjir yang menyebabkan banyak masyarakat terdampak. Dukungan dan kepedulian semua pihak tentu sangat diperlukan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena banjir tersebut.

Oleh karena itu, Wagub Edy Pratowo menyampaikan harapan Gubernur Kalteng agar para santri bisa turut berperan serta dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa, khususnya mendukung upaya penanganan pandemi COVID-19, dengan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan 5M yang disertai terus berdoa.

Harapan tersebut tentunya sejalan dengan tema yang diusung dalam Peringatan Hari Santri Tahun 2021 kali ini, yaitu “Santri Siaga Jiwa Raga”. “Saya mengajak kita semua untuk bersatu padu dalam upaya penanganan pandemi dan bencana banjir,” harap Wagub Edy Pratowo.

Harapan senada juga disampaikan oleh Kapolda Kalteng. Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan bahwa para santri memiliki peran luar biasa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, mulai dari sebelum penjajahan, saat masa penjajahan, kemudian saat mengisi kemerdekaan, hingga saat ini dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Sebagai motor penggerak, sebagai teladan, bagaimana santri juga bisa memberikan contoh menghadapi pandemi COVID-19 ini, dengan tetap disiplin protokol kesehatan, kemudian juga mengikuti vaksinasi massal dalam rangka mempercepat herd immunity,” pungkas Kapolda Kalteng.

Pewarta.: Hadiboy
Sumber : pemprov Kalteng/set/eka

Redaksi

Redaksi