DPRD Barsel Mendorong Peningkatan Akreditasi Laboratorium Demi Lingkungan yang Lebih Sehat

DPRD Barsel Mendorong Peningkatan Akreditasi Laboratorium Demi Lingkungan yang Lebih Sehat

Palangkanews.co.id // Buntok – Barito Selatan – Dalam upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan, DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) telah mengambil langkah proaktif dengan mendorong peningkatan akreditasi laboratorium di wilayah mereka.

Melalui kunjungan kerja dan study banding ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Barito Utara (Barut), DPRD Barsel berharap dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang dapat diaplikasikan dalam upaya mencapai standar kualitas laboratorium yang lebih tinggi, Senin (29/1/2024).

Dalam pertemuan tersebut, anggota Komisi II DPRD Barsel, Nurul Hikmah, menjelaskan bahwa akreditasi laboratorium yang memenuhi standar merupakan langkah penting dalam memastikan keamanan dan kesehatan lingkungan.

Selain memperhatikan parameter standar, DPRD Barsel juga membahas pentingnya memiliki instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang efektif dan tenaga analis yang berkualitas. DPRD Barsel juga berkomitmen untuk mendukung alokasi anggaran yang memadai guna mencapai tujuan tersebut.

Selain fokus pada akreditasi laboratorium, DPRD Barsel juga berdiskusi dengan DLH Barut mengenai pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) persampahan. Dalam diskusi ini, mereka membahas pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan dan efisien guna menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.

Kunjungan kerja dan study banding ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan yang lebih mendalam kepada DPRD Barsel dalam upaya meningkatkan kualitas laboratorium dan pengelolaan lingkungan hidup secara keseluruhan.

“Dengan memiliki laboratorium yang terakreditasi secara baik, diharapkan pelayanan kepada masyarakat terkait uji kualitas air, udara, dan limbah dapat dilakukan dengan lebih baik dan akurat, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, ” ujar Nurul Hikmah.

Pewarta : H. Assjian
Sumber : Nurul Hikmah.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News