DPD AWPI Kalteng Apresiasi Langkah Terbaik Pj Bupati Barsel Terhadap Gaji Guru Non ASN

DPD AWPI Kalteng Apresiasi Langkah Terbaik Pj Bupati Barsel Terhadap Gaji Guru Non ASN

Palangkanews.co.id # Palangkaraya – Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (DPD-AWPI) Kalimantan Tengah (Kalteng), sangat mengapresiasi langkah kebijkan terbaik yang diambil oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) Dr.H.Deddy Winarwan, S.,STP.,M.,Si, terhadap gaji guru non ASN yang berperan di dunia pendidikan yang tidak lepas dari perhatian Pemerintah dan para petinggi pemimpin daerah.

Pasalnya, para guru dimana mana selalu ada diperlukan oleh lembaga pendidikan disekolah baik dari tingkat taman kanak-kanak sampai SMP, SMA dan SMK atau sejajarnya, karena tenaga guru ASN sangat minim disetiap sekolah, apa lagi di pedalaman Kalimantan Tengah setiap Kabupaten.

Sehingga sekolah kekurangan tenaga guru didik dengan terpaksa mengangkat dan mengusulkan tenaga guru honorer melalui dinas pendidikan (Disdik) dengan Surat Keputusan (SK) Sekretaris Daerah (Sekda) dengan nominal gaji yang sangat rendah berkisaran Rp 300-400 ribu perbulan.

Karena minimnya gaji honorer para guru didik tersebut, maka Pj Bupati Barsel mengambil langkah kebijakan terbaik ia perintahkan Sekda untuk menganggarkan di APBD-Perubahan 2023,
dangan meminta dukungan dari pihak dewan yang terhormat DPRD setempat.
Sehingga gaji honorer naik jadi Rp 600 ribu perbulan nantinya.

DPD AWPI Kalteng Hadriansyah, S.Pd yang akrab disapa Manghadiboy itu, ia sangat mengapresiasi langkah – langkah terbaik kebijakan yang diambil oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Dr.H.Deddy Winarwan, S.,STP.,M.,Si, berdasarkan aturan perundang – undangan yang berlaku, karena sangat perduli terhadap nasib para guru non ASN di wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel. Setelah kami hubungi ketua DPD AWPI Kalteng pada pukul 19.30 WIB melalui wa nya

Setelah kami membaca dan menghimpun dari beberapa media tentang percakapan Pj Bupati Barsel dengan Sekda bahwa, kalau ia sangat prihatin dengan kondisi gaji tenaga guru honorer di Pemkab Barsel.

Dengan sagala upaya ia berusaha untuk menaikan upah kerja guru non ASN itu sehingga nantinya naik menjadi Rp 600 ribu dari sebelumnya Rp 300 ribu perbulan.

“Ini sungguh sangat luar biasa, ” beber Manghadiboy.

Selain itu juga Manghadiboy menuturkan, karena saya juga pernah jadi guru dan pernah merasakan gaji sebulan hanya Rp 70 ribu perbulan namun setelah itu jadi Calon Pegawai (Capeg) dinaikan gajinya menjadi Rp 1 jutaan rupiah perbulan dan juga dapat beras Dulog 10 kg perjiwa sebulan.

“Dimasa itu beras bulognya yang berbau, dan berulat mau apa lagi, ” ujarnya.

Kami do’a kan semoga bapak Pj Bupati Barsel H. Deddy sekeluarga dengan semua Unsur Forkopimda di Pemkab Barsel, selalu mendapat kesehatan dan mampu membangun Kabupaten Barsel yang sudah baik sehingga bisa membawa menuju yang lebih baik dan terus maju lagi ke depannya.

Saya atas nama Organisasi DPD AWPI Provinsi Kalteng mewakili seluruh DPC di Kabupaten salah satunya Kabupaten Barito Selatan mengucapkan.

“Selamat menjalankan tugas bapak Pj Bupati Barsel Dr.H. Deddy Winarwan, S.,STP.,M.,Si di Kabupaten Barito Selatan kota Buntok bumi yang berjuluk Dahani Dahani Tuntung Tulus Buntok Kota Batuah, ” tutup Ketua DPD AWPI Kalteng Hadriansyah, S.Pd yang juga mantan guru SMPN 1 Pangkalan Bun.

Pewarta. : H. Assjian.
Sumber. : Hadriansyah,S.Pd
Ketua DPD AWPI Kalteng.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News