DPC AWPI Jepara Gelar Rapat Koordinasi Perubahan Struktur Organisasi

DPC AWPI Jepara Gelar Rapat Koordinasi Perubahan Struktur Organisasi

palangkanews.co.id || Jepara, 26/10/2021 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Jepara versi Nadiyanto, gelar rapat koordinasi dalam perubahan Struktural Pengurus menjelang peresmian dan pelantikan DPC AWPI Kabupaten Jepara yang berlangsung di RM. Bale Bambu Sengonbugel, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu, (24/10/2021).

Ir. Dedi Nadiyanto, MMfg sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI). Dalam Akta Pendirian Notaris dibuat di Surakarta oleh Bambang Prihandono, SH Nomor 16 tanggal 13/4/2013. Telah mendapat Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan Menkumham Republik Indonesia Nomor AHU-129.A.H.01.07 tanggal 21/3/2014. Dengan Nomor Pokok Wajib Pajak 02.554.044.4-025.000. Sekretariat di Gedung Dewan Pers Lt, 5, Jl. Kebon Sirih No. 32-34 Jakarta.

Pertemuan antara calon pengurus dan anggota dengan perkenalan dan silaturahmi antara awak media yang akan mendeklarasikan Organisasi Pers bernama Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia atau AWPI yang telah direstui oleh Ketua Umum Ir. Dedi Nadiyanto, MMfg dan Bendahara umum DPP AWPI Ibu Ni Dewi Atikah.

Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh calon Ketua DPC AWPI Kabupaten Jepara, Puji Sumono yang merupakan Kaperwil Jateng media online palangkanews.co.id dan liputansbm.com Sumadi, S.Ag Pimred media online pertapakendeng.com Hadir juga Jamaludin Malik Chairman Prudential Kudus dan Jepara, selaku Dewan Penasehat DPC AWPI Jepara.

Puji dalam sambutannya, menyampaikan, 
“Acara ini untuk membangun komunikasi, saling memperkenalkan diri dan silaturahmi antara calon pengurus, anggota AWPI, untuk koordinasi bersama sesama Pers yang ada di Kabupaten Jepara dalam membentuk perubahan Struktural Organisasi DPC AWPI Jepara versi Nadiyanto,” ujar Puji Sumono.

Sumadi, S.Ag menambahkan sebagai ketua DPC AWPI Kabupaten Pati, akan mendukung dan bekerjasama antar DPC di Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Jepara.

Dalam undang-undang nomor 40 th 1999, pada pasal 7 ayat (1) tentang “wartawan bebas memilih organisasi wartawan”, Maka para wartawan yang tergabung dalam AWPI adakan pertemuan untuk menyusun Struktur Organisasi DPC AWPI Jepara,” ujar Sumadi.

Dari pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan dan kesiapan untuk bergabung dalam wadah lembaga Pers AWPI sebagai naungan mereka dalam melaksanakan tugas profesi Journalist, sebagai pelaksanaan dari Pasal 7 ayat (1) UU pers. 

Maka tersusunlah Struktur Organisasi DPC AWPI Jepara yang dinahkodai oleh Puji Sumono yang akrab dipanggil Syeh Puji, posisi Wakil Ketua ketua Yosef Hidayat. Eko Mulyantoro Sekretaris dan Bendahara Rina Kartika. Sedangkan Jamaludin Malik memegang peran sebagai Pembina DPC AWPI Jepara.

Eko Mulyantoro, dari pertapakendeng.com sebagai pembawa acara memaparkan, bahwa, “dalam menyusun redaksi berita supaya memenuhi kaidah Journalistik, yaitu 5W 1H ditambah 1S, yaitu scurity, agar kita aman”, kata eko.

“Kita bangun kerjasama dan koordinasi antar DPC AWPI di Kabupaten satu dengan lainnya dalam wilayah Eks Karesidenan Pati, agar kita dalam melaksanakan tugas Journalist bisa saling bantu dan kita tidak sendiri, sebab tugas Journalist ini tidak ringan, selain dihadapkan dengan para oknum preman, juga rawan dengan masalah hukum”, paparnya.

Dia menambahkan, bahwa wartawan perlu memahami karya tulis yang merupakan produk Journalistik, agar tidak terjebak dalam pelanggaran Undang-undang ITE.

“Kita sebagai wartawan perlu memahami karya tulis yang merupakan produk Journalistik, agar tidak terjebak dalam pelanggaran Undang-undang ITE. Yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik(UU ITE), Pasal 27. Maka agenda kedepan kita adakan semacam workshop, Diklat cara menyusun karya Journalistik yang sesuai SOP dan tidak melanggar hukum”, imbuhnya.

Sementara Jamaludin Malik, memaparkan, “peran serta pers sebagai alat kontrol sosial, edukasi dan agent of change dalam proses demokrasi dan pembangunan, termasuk membantu kaitannya dengan kegiatan sosial dan menginformasikan tentang aplikasi food media dan mengajak teman-teman agar mempunyai usaha untuk menambah income atau pemasukan selain bekerja sebagai wartawan di perusahaan pers,” kata malik.

“Saya sepenuhnya akan mendukung kinerja organisasi DPC AWPI Jepara, agar menjadi besar dan berdaya guna khususnya di wilayah Kabupaten Jepara,” pungkasnya.

(Puji S)

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News