DKPPP Kab Barsel Dalam Rangka Pelatihan ALSINTAN Bagi Petugas Lapang dan Kelompok Tani

DKPPP Kab Barsel Dalam Rangka Pelatihan ALSINTAN Bagi Petugas Lapang dan Kelompok Tani

Palangkanews.co.id# Buntok – Pelatihan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng), dengan kelompok tani di halaman Kantor Pertanian jalan Pahlawan Buntok.

Hal ini dilakukan guna untuk kelancaran para petani bekerja dengan Alsintan dalam usaha pertanian. Karena Alsintan bermanfaat untuk meningkatkan indeks pertanaman karena dapat diterapkan sejak pengolahan lahan sampai masa panen. Contoh seperti di Tabak Kanilan dan Desa Muka Haji Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA) mereka sudah mendapatkan hasil.

“Pada bulan Februari kemaren Desa Muka Haji dan Tabak Kanilan sudah melakukan panen dengan hasil sebesar Kg 46,7 tonase per Hektar dari kelompok Uang Mati, dan dilakukan panen bersama oleh Penjabat (Pj) Bupati Barsel Lisda Arriyana beserta Forkopimda Kab Barsel pada 9 Maret 2023,” kata Ida kepada media ini Selasa (21/3/2023).

Karena peran Alsintan itu sendiri menurut kemampuan pengguna mengoptimalkan penggunaan Alsintan se efektif dan se efisien mungkin agar biaya produksi lebih ringan.
Selain itu juga pelaksanaan pertanaman lebih cepat, meminimalisir kerugian pertanian dan juga memperpanjang usia Alsintan.

“Oleh karena itu DKPPP Kab Barsel pada hari ini sesuai dengan rencana program dinas tahun 2023 akan melaksanakan kegiatan pelatihan Alsintan berupa Traktor Roda 4 dan Power Thresser,” ujarnya.

Karena Traktor roda 4 itu adalah merupakan alat mesin pertanian paling penting untuk pembukaan dan pengolahan lahan pada usaha pertanian khususnya khartikultura dan perkebunan, Juga Power Thresser merupakan alat mesin pertanian pasca panen yaitu.

“Traktor roda 4 dan alat Perontok padi yang menggunakan tenaga mesin diesel sebagai alat atau motor penggerak,” ucapnya.

Selanjutnya Kepala DKPPP Kab Barsel Ida Safitri yang didampingi Kepala Bidang TPH, Aida Herawani menambahkan, adapun pelatihan ini kami laksanakan bertujuan untuk mengoptimalkan bantuan alat mesin pertanian yang sudah dibagikan ke masyarakat.

Kami mengharapkan para petani bisa menjadi operator yang memiliki pengetahuan untuk memamfaatkan, mengoptimalkan dan merawat Alsintan.

“Terutama yang berasal dari bantuan pemerintah agar umur ekonomisnya maksimal,” tegasnya.

Kami juga berharap kedepannya Alsintan dapat dikelola menjadi unit bisnis agar menghasilkan keuntungan bagi kelompok tani.

“Apa yang diperoleh dari kegiatan pelatihan hari ini semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua, sesuai dengan tujuan kegiatan mengoptimalkan pemanfaatan Alsintan,” tutup Ida orang yang murah senyum itu.

Pewarta : H. Assjian
Sumber : Ida Safitri.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News