Diskominfosantik Gumas Siap Beri Dukungan Kepada BPS

Diskominfosantik Gumas  Siap Beri Dukungan Kepada BPS

Palangkanews.co.id || Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) siap mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) tahap kedua.

“Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gumas akan melakukan SP2020 tahap kedua pada bulan Agustus dan September 2021. Kami siap mendukung,” ucap Kepala Diskominfosantik Kabupaten Gumas Ruby Haris.

Tahap kedua adalah survei dengan menggunakan kuesioner Long Form (LF) yang artinya pertanyaan yang akan ditanyakan kepada responden jauh lengkap.

“Kami siap mendukung mereka dalam bentuk publikasi, komunikasi dan nantinya saat pelaksanaan mengalokasikan tim dalam pendataan tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan, nantinya sosialisasi LF SP2020 akan dilakukan menggunakan berbagai media yang dikelola oleh Diskominfosantik Kabupaten Gumas, baik di website resmi Diskominfosantik, dan juga Radio Siaran Pemerintah Daerah Gumas Hamauh Fm, ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Gumas, Waras mengatakan LF merupakan kegiatan SP2020 tahun lalu. Perbedaanya adalah pada SP2020 LF menggunakan kuesioner yang lebih kompleks.

Kemudian, SP2020 LF tidak melakukan data seluruh penduduk, tetapi hanya sebagaian atau disebut sampel.

SP2020 LF dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2021. Sebagai langkah awal persiapan SP2020 LF di Kabupaten Gumas maka BPS melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan beberapa perangkat daerah.

“Dengan adanya koordinasi dan konsolidasi tersebut diharapkan dapat mebangun kesepahaman yang sama untuk menyukseskan pelaksanaan SP2020 LF,” tandasnya.

Pewarta. : Hendra
Sumber. : Diskominfo santikgumas

Redaksi Palangka News