Disdik Kalteng Selenggarakan Simulasi Bersama Asesmen Berbasis Komputer (SBABK)

Disdik Kalteng Selenggarakan Simulasi Bersama Asesmen Berbasis Komputer (SBABK)

Palangkanews.co.id # Provkalteng Palangka Raya – Dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi Asesmen Nasional (AN) tahun 2023, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Disdik Prov. Kalteng) menyelenggarakan Simulasi Bersama Asesmen Berbasis Komputer (SBABK) Tahun 2023. Inisiatif terobosan ini bertujuan untuk memberikan bekal lebih awal, mendeteksi lebih awal kemampuan Literasi dan Numerasi siswa untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Kalteng. 

Adapun kegiatan SBABK ini sendiri telah digagas sejak tahun 2021 dan terus berlanjut sampai dengan tahun 2023. Sebagai informasi, kegiatan SBABK ini diikuti oleh 42 SMA dan 47 SMK. Dalam rangkaian kegiatannya, sosialisasi kegiatan SBABK ini telah dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2023. Sedangkan pelaksanaan SBABK terbagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang 1 pada tanggal 11-12 Agustus 2023 dan gelombang 2 tanggal 15-16 Agustus 2023. Untuk selanjutnya akan diselenggarakan Webinar Edukasi Pasca Kegiatan SBABK. 

Plt. Kadisdik Prov. Kalteng Eka Aprilianty saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/8/23) mengatakan bahwa SBABK ini dapat memberikan kesiapan dan meningkatkan efektivitas sekolah jenjang SMA dan SMK di Kalteng dalam menghadapi AN tahun 2023. “Diharapkan pada tahun 2024 kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh SMA dan SMK di Prov. Kalteng. Keberhasilan pelaksanaan SBABK oleh Disdik Kalteng memiliki implikasi penting bagi kebijakan pendidikan ke depan,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memanfaatkan teknologi ke dalam ruang kelas dan memberikan siswa pengalaman langsung dalam menggunakan komputer pada proses asesmen. Simulasi ini menawarkan peluang menarik bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan beradaptasi dengan tuntutan perubahan teknologi. “Secara keseluruhan, SBABK 2023 ini berperan penting dalam meningkatkan kesiapan menjelang Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023,” pungkasnya.

Pewarta. : Titin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News