Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Pantau Pelaksanaan USBK PAI di SMA Negeri 1 Palangkaraya

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Pantau Pelaksanaan USBK PAI di SMA Negeri 1 Palangkaraya

Palangkanews.co.id || Dr. Zulfikri, M. Ag. (tengah berbaju batik) staf subdit PAI dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam berfoto bersama seusai melakukan monitoring dan evaluasi USBK PAI di SMA Negeri 1 Palangkaraya.

Staf subdit PAI SMA/SMALB/SMK dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan USBK Pendidikan Agama Islam (PAI) Tahun Pelajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Palangkaraya. Staf subdit PAI SMA/SMALB/SMK yang ditugaskan adalah Dr. Zulfikri, M. Ag. Kegiatan ini juga di damping oleh H. Muhidin Arifin, S.Ag, M.AP, (Kasi Pendidikan Agama Islam), Zaini, S.Ag, M.Pd.I (Pengawas PAI SMA), Hamsani, S.Pd.I ( Staf Pendidikan Agama Islam) dari kantor Kemeterian Agama Kota Palangkaraya. (Senin, 29/03/2021).



Sebelum melakukan evaluasi dan monitoring, Dr. Zulfikri, M. Ag. beserta rombongan, diterima oleh kepala sekolah di ruang kerjannya. Pada kesempatan tersebut, kepala sekolah menyampaikan berbagai informasi tentang sarana dan prasarana serta pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Palangkaraya. Selain itu juga disampaikan tentang tahapan persiapan USBK moda daring serta aplikasi yang digunakan saat ujian.

Setelah melakukan evaluasi dan monitoring, Zukfikri menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan USBK PAI. Menurutnya, pelaksanaan US PAI di SMA Negeri 1 Palangkaraya terlaksana dengan baik dan lancar serta telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua kegiatan sudah memenuhi mekanisme yang telah ditetapkan pemrintah.

“Menurur pantauan saya pelaksanaan USBK PAI di SMA Negeri 1 Palangkaraya sudah bagus. Kegitan terlaksana dengan baik dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.” kata Zulfikri

Selama melakukan evaluasi dan monitoring, Zulfikri memantau langsung kegiatan USBK di ruang teknisi dan proktor. Selain itu mengunjungi ruang panitia dan pengawas ruang. Staf subdit PAI ini juga melakukan dialog dengan para teknisi, proktor, pengawas ruang dan panitia untuk menggali informasi tentang pelaksanaan ujian yang sedang berlangsung.

Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin.

Di tempat terpisah Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin menyampaikan, bahwa kegiatan evaluasi dan monitoring US PAI yang dilakukan oleh pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Islam di SMA Negeri 1 Palangkaraya adalah sebuah kegiatan yang sangat positif. Dari kegiatan ini pihak sekolah akan mengetahui tingkat apresiasi pelaksanaan US PAI. Pihak sekolah selalu siap menerima saran maupun kritik yang sifatnya membangun untuk pengembangan dan pembinaan Pendidikan PAI di SMA Negeri 1 Palangkaraya.

“Alhamdulillah, setelah melakukan evaluasi dan monitoring langsung pelaksanaan USBK PAI Tahun Pelajaran 2020/2021, pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyampaikan apresiasinya. Pihak SMA Negeri 1 Palangkaraya dinyatakan telah mampu dan sukses melaksanakan USBK PAI moda daring dengan baik dan lancar. Selain itu penerapan protokol kesehatan juga dilaksanakan dengan ketat. Semua mekanisme yang tetah ditetapkan pemerintah sudah kita laksanakan dengan baik.” kata Arbusin.

Pada akhir penjelasannya, Arbusin menyampaikan bahwa siswa kelas XII yang mengikuti ujian tahun ini berjumlah 395 orang siswa. Siswa yang beragama Islam ada 201 orang, beragama Kristen Protestan 171 orang, beragama Kristen Katolik 14 orang dan beragama Hindu 9 orang. Perlakuan terhadap siswa dan pembinaan pendidikan agama di SMA Negeri 1 Palangkaraya diberlakukan sama. Tidak ada diskriminasi dan tidak ada dominasi. Toleransi antar umat beragama selalu diutamakan.

Pewarta :. Asmawati pknews Kalteng
Sumber : Humas SMANSA-Anw

Redaksi Palangka News