Dinkes Kalteng Gelar Penugasan Khusus Periode V Tahun 2024

Palangka Raya // Pemprovkalteng  – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Kegiatan Penerimaan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Berbasis Individual Periode V Tahun 2024, bertempat di Aula UPT Bapelkes Palangka Raya, Kamis (3/10/2024).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) Damar Pramusinta mewakili Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng. Dalam sambutan tertulis Kadis Kesehatan, beliau mengatakan bahwa Program Penugasan Khusus di Puskesmas oleh Kementerian Kesehatan adalah salah satu upaya penguatan dan pemenuhan untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di DPTK, serta daerah bermasalah kesehatan dan memenuhi kebutuhan Pelayanan Kesehatan lain oleh Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan.

Sambutan Damar Pramusinta diskes

“Kondisi wilayah Provinsi Kalimantan Tengah tidak semua dapat ditempuh melalui jalan darat dikarenakan letak geografisnya. Kondisi ini punya tantangan berbeda dengan daerah lainnya, untuk itu kami berharap para tenaga Medis dan Tenaga kesehatan Penugasan Khusus Berbasis Individu ini siap dan memahami tupoksinya sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Masyarakat yang tinggal di daerah terpencil mengalami kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan primer yang berkualitas. Kesulitan karena alasan geografis ini juga akan dialami oleh tenaga kesehatan. Jika ada kendala di lapangan, diharapkan tenaga Penugasan Khusus bisa berkoordinasi dengan kepala Puskemasnya atau dengan Dinas Kesehatan Kabupaten.

“Di Provinsi Kalimantan Tengah, memang kekurangan tenaga kesehatan, oleh karena itu kami berharap Tenaga Kesehatan Penugasan  Khusus ini dapat menjadi solusi,” tambahnya.

Salah satu daerah yang menjadi sasaran penugasan khusus tenaga kesehatan dalam Program Penugasan Khusus yaitu Provinsi Kalimantan Tengah. Pada periode ini sebanyak 9 orang Tenaga Kesehatan yang terdiri dari Tenaga Dokter Umum 1 orang, Dokter Gigi 5 orang, Tenaga Kesehatan Lingkungan 2 orang, Tenaga Kesehatan Masyarakat 1 orang yang  tersebar di  6 Kabupaten, yaitu Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Katingan, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Seruyan.

Potho Bersama

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Kesehatan RI yang sudah melaksanakan Program Penugasan Khusus di Provinsi Kalimantan Tengah dan  kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan jajarannya, atas dukungan, partisipasi dan komitmennya terhadap pelaksanaan Program Penugasan Khusus di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kami mengharapkan semoga antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan stakeholder kesehatan  bisa saling berkoordinasi dengan lebih intensif dan bersinergis satu sama lain untuk memberikan dukungan atas pemenuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat terjamin kualitasnya,” tutupnya.

Publikasi. : Titin

  • Related Posts

    PJ Bupati Sukamara Rendy Lesmana Saat Ikut Rakor Konvergensi Intervensi Penurunan Stunting 

    SUKAMARA // Pemkab Sukamara – Pj. Bupati Sukamara Rendy Lesmana mengikuti zoom rakor konvergensi intervensi penurunan stunting dan pendampingan pengukuran SSGI Tahun 2024 di Aula Kantor Bappeda pada hari rabu…

    Dinkes Kalteng Gelar Pelatihan Penanganan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal bagi Tenaga Kesehatan di FKTP

    Palangka Raya  // Pemprovkalteng Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar Pelatihan Penanganan Kegawatdaruratan Maternal Neonatal bagi Dokter, Bidang dan Perawat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), bertempat di…

    You Missed

    Diskan Kota Dorong Kesejahteraan Nelayan Kecil dan Peningkatan Ekonomi Lokal

    Diskan Kota Dorong Kesejahteraan Nelayan Kecil dan Peningkatan Ekonomi Lokal

    Diskan Kota Gelar Sosialisasi Pengembangan Kapasitas Nelayan

    Diskan Kota Gelar Sosialisasi Pengembangan Kapasitas Nelayan

    DPKP Kota Bekerjasama Buliq Kalteng Gelar Program GPM

    DPKP Kota Bekerjasama Buliq Kalteng Gelar Program GPM

    Jelang Pemilu Anggota Dewan Himbau Tetap Jaga Kondusivitas Dan Persatuan

    Jelang Pemilu Anggota Dewan Himbau Tetap Jaga Kondusivitas Dan Persatuan

    Arton S Dohong Tegaskan Kesadaran Dalam Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

    Arton S Dohong Tegaskan Kesadaran Dalam Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

    Sudarsono : Pentingnya Peran UKM Di Daerah Pelosok Dalam Membangun Ekonomi Lokal

    Sudarsono : Pentingnya Peran UKM Di Daerah Pelosok Dalam Membangun Ekonomi Lokal