Dinas PUPR Barut Mendapat Apresiasi Masyarakat, Tentang Pengerukan Sungai Sikuy

Dinas PUPR Barut Mendapat Apresiasi Masyarakat, Tentang Pengerukan Sungai Sikuy

Palangkanews.co.id | Pembangunan di segala bidang perlu menjadi pemikiran Pemerintah oleh kerena itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Barito Utara (PUPR Barut) pada Jumat (5/2/2021) pagi sekitar pukul 09.00 WIB mulai melakukan pembersihan tepian dan pengerukan sungai Sikuy, Kecamatan Teweh Baru.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara M Iman Topik, Jumat (5/2/2021) mengatakan pihaknya pada hari ini Jumat sudah melakukan pembersihan dan pengerukan sungai Sikuy. Pembersihan dilakukan mulai dari kontruksi jembatan yang berada di dekat kantor Desa Sikuy.

“Kita mulai melakukan pembersihan sungai Sikuy dari kontruksi jembatan dekat kantor Desa Sikuy menuju bagian hulu sekitar 200 meter,” ucap Kadis PUPR M Iman Topik didampingi Kabid Bina Marga, Dedy, Jumat (5/2/2021).

Selanjutnya Topik mengatakan pada besok Sabtu (6/2/2021) pekerjaan pembersihan dilakukan menuju hilir sekitar 300an meter. “Dalam pembersihan dari sampah kayu ini, kita juga melakukan pengerukan kedalaman sungai, sehingga pada saat hujan turun sungai Sikuy aliaran dalam keadaan normal,” katanya.

Kadis PUPR juga mengharapkan dari pekerjaan ini, sungai Sikuy ini kembali normal seperti biasa pada saat terjadi hujan lebat (intensitas hujan cukup tinggi).



“Diharapkan dari pekerjaan pembersihan dan pengerukan sungai Sikuy ini pada saat terjadi hujan lebat, sungai tersebut mampu menampung dan mengalir dengan normal,” kata mantan Kadis Kominfosandi Barito Utara ini.

Sebelumnya, pada Kamis (4/2/2021) Bupati Barito Utara H Nadalsyah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat agar segera melakukan penanganan dan pembersihan sungai Sikuy, Kamis (4/2/2021).

“Untuk itu saya perintahkan Dinas PUPR untuk melakukan penangganan dan normalisasi agar banjir di Desa Sikuy dapat tertanggani dengan melakukan penyodetan dan pengerukan serta pembersihan bantaran sungai menggunakan exavator dan mesin chain chaw, serta bantuan satu unit excavator dari pt mme utk percepatan pekerjaan,” kata Bupati Nadalsyah.

Dalam pengecekan lokasi yang akan dilakukan normalisasi sungai Sikuy, Bupati H Nadalsyah didampingi Kepala Dinas PUPR, Camat Teweh Baru Ajirni, pejabat teknis dan Kepala Desa Sikuy dan aparatur desa setempat.

Apresiasi masyarakat atas pekerjaan dinas PUPR mendapat perhatian dan mendorong kinerja Dinas PUPR menjadi yang terbaik sebelumnya, pembangunan penanganan infrastruktur merupakan tugas pokok yang tidak bisa kita abaikan, termasuk perairan anak sungai untuk menangkal banjirnya dikala musim penghujan.

Salah satu warga setempat Anto menuturkan, “pengerukan anak sungai sangat baik, kerna bila air nya tertampung bisa banjir mas,! Dan juga hasilnya baik untuk pertanian dan perkebunan jadi keasaman kultur tanah bisa berkurang, saya mengapresiasi kerjaan Dinas PUPR Barut” ungkap Anto yang di hubungi lewat Wa nya, pukul 09.00 wib

Pewarta. : Red pknews Barut
Sumber. : Kadis PUPR Barut

Redaksi Palangka News