DESA PURUK KAMBANG KEC.TANAH. SIANG LAKSANAKAN PEKERJAAN JALAN DARI DANA DESA DENGAN SWAKELOLA

DESA PURUK KAMBANG KEC.TANAH. SIANG LAKSANAKAN PEKERJAAN JALAN DARI DANA DESA DENGAN SWAKELOLA

Murung Raya – Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur dan Operasional Pemerintah Desa Puruk Kambang Kecamatan Tanah Siang Selatan Kab. Murung Raya, Kalteng. yang dilaksanakan pada (18/10/2019) pelaksanan pekerjaan pembangunan jalan di sepanjang desa berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan sama sekali dikarenakan sistem yanb dilaksanakan oleh aparatur desa betul betul menggunakan swakelola masyarakat.

Pada kesempatan itu pantauan awak media saat berada dilokasi pekerjaan dan di kantor desa “Rudi Hartono selaku kepala desa mengundang masyarakat desa puruk kambang kekantor desa untuk menyaksikan pelaporan dan pengeluaran dana tahap satu yang sudah ada yang terpakai kepada bendaharawan desa puruk kambang.

Adapun pembangunan yang sedng dilaksanakan pekerjaan akses jalan paud dengan sistem padat karya tunai dalam pelaksanaan jalan tersebut di kerjakan secara swakelola oleh masyarakat desa puruk kambang setempat.

Pihak desa mengambil kebijakan dalam sistem pelaksanaan pekerjaan dengan jumlah pekerja sekitar tiga puluh (30) orang, dengan ada sistem kerja tersebut diatur cata kerjanya yang turut ikut bekerja kadang kadang bergantian setiap harinya , agar semua masyarakat bisa pemerataan kebagian pekerjaan walaupun dapat bagian kerja setengah hari saja.”kata kades

Dalam pembagian kerja tersebut pihak desa khususnya panitia pelaksana swakelola memberikan kelunggaran pada masyarakatnya bagi yang setengah hari mau ikut bekerja silahkan, itu pun dibawa dan lanjut setengah harinya di ganti lagi dengan orang yang lain. Itulah cara pemerintah desa puruk kambang memberikan kesempatan kepada masyarakat nya untuk, bisa ikut bekerja supaya tidak ada rasa kecemburuan di kemudian harinya.

Kepada awak media kepala desa puruk kambang, Bapak Rudi Hartono serta sekdes Puruk kambang Bapak Rojali Rahman. Mengatakan saya selaku sekdes Puruk kambang di intruksikan oleh kepala desa puruk kambang , Bapak Rudi Hartono untuk melaksanakan tugas. Dan sesuai peraturan desa serta fungsional tugas saya sebagai PPKD

Untuk mengkordinir perangkat desa selaku team pelaksana, pembangunan desa puruk kambang. Dengan sistem padat karya tunai dalam arti padat karya tunai tersebut. sesuai undang-undang, bahwa desa harus memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk bisa ikut bekerja terutama masyarakat yang pengganguran atau setengah pengganguran, bahkan sampai masyarakat yang disabilitas itu pun dapat diperkerjakan sesuai kemampuan dan keahliannya masing masing.”tandasnya.

Lanjutnya “kami melaksanakan, Program padat karya tunai ini dengan sistem harian orang kerja (HOK). Bahkan ada beberapa pekerja yang cuma bisa nya setengah hari saja ikut bekerja yaitu ibu-ibu, yang pagi nya sibuk mengurus rumah tangga. setelah jam kedua atau jam satu turun bekerja ibu-ibu pun kami persilahkan ikut bekerja. terhitung setengah hari sesuai upah harian, setengah hari juga yang sudah ditetapkan setelah selesai pekerjaan di sore hari jupah semua pekerja langsung dibayar ditempat kerja tersebut. kata pak sekdes

Dan masyarakat desa puruk kambang, merasa bangga dan sangat berterima kasih. Kepada kepala desa puruk kambang Bapak Rudi Hartono dan sekdes Puruk kambang Bapak Rojali Rahman yang telah memberikan pekerjaan untuk mereka dan dengan adanya pekerjaan tersebut masyarakat desa puruk kambang. Mersa sangat terbantu perekonomian mereka walaupun dengan, batas waktu. Beberapa hari itu pun bisa bermanfa,at untuk kehidupan mereka. Kenapa demikian, karna hampir semua masyarakat diberikan kesempatan untuk ikut bekerja di pembangunan tersebut.”ungkap salah satu warga kepada awak media.

Penulis sugianor . Mura

Redaksi Palangka News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *